Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Berita
Update DKPB untuk Penilaian yang Tepat
N/a
Rabu, 26 November 2014   |   1662 kali

Jakarta “DKPB (Daftar Komponen Penilaian Bangunan, red.) merupakan salah satu alat dalam melakukan penilaian bangunan yang setiap tahun harus selalu disesuaikan melalui survei lapangan agar kita bisa mendapatkan hasil penilaian yang baik dan tepat,” ujar Kepala Bidang Penilaian Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta Zainuri mewakili Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta dalam sambutannya pada acara Sinkronisasi dan Penyusunan DKPB Tahun 2015 Kanwil DJKN DKI Jakarta, Kamis 10 November 2014.

Bertempat di Pendopo Kanwil DJKN DKI Jakarta, acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN, Bidang Penilaian Kanwil DJKN DKI Jakarta, serta seluruh kepala seksi dan staf Seksi Pelayanan Penilaian di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I s.d. V.

Dalam sambutannya, Zainuri juga mengharapkan DKPB tahun 2015 untuk wilayah Jakarta nantinya dapat mencerminkan harga pasar yang ada sehingga nilai yang dihasilkan akan lebih baik lagi.

Acara dilanjutkan dengan capacity building dengan tema “Mitigasi Risiko atas Laporan Hasil Penilaian” yang disampaikan oleh perwakilan dari Inspektorat IV Kementerian Keuangan, Erwin Silaen dan Thomas Kusumo Wibowo. Erwin menyebutkan penilai adalah suatu profesi yang memiliki tanggung jawab kepada masyarakat atau pihak-pihak yang akan mengunakan hasil kerja dari para penilai. Diharapkan ke depannya profesi penilai harus memiliki kode etik dan standar penilaian yang jelas.

Thomas menambahkan bahwa selain kode etik dan standar penilaian sebagai pedoman, para penilai juga harus memiliki data-data pendukung yang valid, baik berupa kertas kerja maupun data-data yang lain sehingga laporan yang dihasilkan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah capacity building berakhir, peserta dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan maupun pendapat. Peserta sangat antusias terbukti dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang diajukan kepada narasumber.

Selepas siang, diadakan pembahasan serta verifikasi DKPB untuk tahun 2015 yang dipimpin oleh Kepala Seksi Penilaian II Kanwil DJKN DKI Jakarta Apri Eko Isnanto. Apri mengharapkan DKPB 2015 dapat membantu para penilai dalam melaksanakan tugas penilaian khususnya pada penilaian bangunan. (Teks: Annisa Lutfi. Foto: Y. Harry Budiarto, Bidang KIHI Kanwil DJKN DKI Jakarta | Editor: Achie - Humas)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Senen, Jakarta Pusat 10410
+62 21 34835141
+62 21 3441403
kanwildjkn7@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini