Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Berita
Perubahan Itu Perlu Dipaksa, Terpaksa, Lalu Jadi Terbiasa
N/a
Jum'at, 29 April 2016   |   12056 kali

Bandung (13-15/4), “Untuk bisa mencapai keberhasilan adalah dengan melakukan perubahan yang sangat mendasar dalam perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu kepada stakeholder.” ujar Wani Sabu saat menceritakan sejarah perjalanan kesuksesan Halo BCA pada peserta Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta. “Dan itu dimulai dari top leader atau pemimpinnya. Kesuksesan demi kesuksesan itu tidak diraih dengan mudah. Ada perjuangan dan jatuh bangun di balik kemenangan Halo BCA.  Kami tidak serta merta berubah, awalnya karena dipaksa, lalu terpaksa dan akhirnya terbiasa dengan perubahan tersebut” sebutnya lebih lanjut.

Rakorda Kanwil DJKN DKI Jakarta diselenggarakan selama 3 hari (13-15/4) dan dihadiri oleh para Kepala Bidang/Bagian pada Kanwil DJKN DKI Jakarta dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) (KPKNL) Jakarta I s.d. V didampingi oleh kepala seksi terutama yang terkait langsung dengan pelayanan.  Pembahasan Rakorda dengan tema “Peningkatan Proses Bisnis untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan” terbagi dalam 5 komisi yaitu Komisi I membahas proses bisnis di Bagian Umum dan Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, Komisi II di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Komisi III di bidang Penilaian, Komisi IV di bidang Piutang Negara  dan Komisi V di bidang Lelang.

Perbaikan proses bisnis tidak sekedar dibahas internal, tak tanggung-tanggung 2 (dua) narasumber khusus didatangkan untuk mendukung agenda perubahan sebagai bahan masukan dalam menyusun percepatan proses bisnis. Untuk membakukan standar pelayanan, Encep mengundang narasumber dari PT Surveyor Indonesia (Persero), Indri yang membawakan materi Sistem Manajemen Mutu, sedangkan kiat meningkatkan kualitas pelayanan Nathalya Wani Sabu  dari Divisi Halo BCA (Head of Halo BCA) sengaja diundang untuk berbagi kiat-kiat menjadi juara dunia di bidang Contact Center. Bagaimana cara melayani dengan cepat, ramah dan menawarkan solusi terbaik.

Meskipun proses bisnis di KPKNL Jakarta I s.d. V rata-rata bagus/melebihi lebih dari target norma waktu yang ditentukan, namun untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder, Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Encep Sudarwan menegaskan untuk lebih meningkatkannya. Encep dalam setiap pengarahannya selalu menekankan untuk berubah. Tentu saja berubah ke arah yang lebih baik. Encep berharap disamping capaian kinerja bagus, proses bisnis dapat berjalan baik dan cepat sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholder.

“Belajarlah pada ahlinya” ujar Encep seraya meminta peserta Rakorda untuk menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber dan meminta untuk mengambil sisi positif yang dapat diterapkan dalam proses bisnis masing-masing.

Hasil nyata Rakorda adalah adanya agenda perubahan dan sekaligus memperbaiki proses bisnis di bidang pengurusan Piutang Negara, pelaksanaan lelang, pengelolaan kekayaan negara dan pelayanan penilaian secara lebih terukur. (teks/foto : Asya/Asya&Arif).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Senen, Jakarta Pusat 10410
+62 21 34835141
+62 21 3441403
kanwildjkn7@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini