Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Dorong Peningkatan Ekonomi Desa, PKN STAN Bersama ADBI Menyelenggarakan SEMBADHA 2023
Wisnu Herjuna
Selasa, 31 Oktober 2023   |   29 kali

Terhitung kelima kalinya, tahun ini Politeknik Keuangan Negara STAN kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADHA) dengan mengangkat tema “Peningkatan Kewirausahaan dan Inovasi Perekonomian Desa di Indonesia.

SEMBADHA ini merupakan kerja sama antara PKN STAN dengan Asian Development Bank Institute (ADBI) dan juga delapan perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi Co-host, serta terdapat tiga rangkaian kegiantann diantaranya Seminar Nasional, Call For Paper, dan Pameran..

Seminar Nasional ini diselenggarakan secara hybrid (Luring dan Daring) pada Kamis, 26 Oktober 2023 di Gedung N Kampus PKN STAN dengan menghadirkan sejumlah narasumber dan pembicara internasional dan dihadiri oleh Kemenkeu Satu Banten termasuk didalamnya adalah Kanwil DJKN Banten.

Pada hari yang sama dengan bersamaan kegiatan Seminar Nasional ini, diselenggarakan pula pameran dengan 43 booth yang diikuti oleh Kementrian Keuangan, Kementrian lain dan Dinas terkait, Lembaga Pembiayaan, Perguruan Tinggi, Organisasi Mahasiswa serta BUM Desa. Sedangkan kegiatan Call For Paper itu sendiri dilaksanakan mulai dari 1 Juli 2023 dan diakhiri dengan Sesi Presentasi Pararel secara luring pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Kegiatan Seminar Nasional tersebut diawali dengan sambutan dari Direktur PKN STAN, Rahmadi Murwanto yang juga membuka secara resmi kegiatan SEMBADHA 2023. Beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa tema SEMBADHA yang diangkat kali ini cukup relevan dengan salah satu sasaran Program Nawacita untuk menjadikan unit ekonomi desa sebagai motor pengerak perekonomian di kawasan pedesaan.

Selanjutnya, Opening Remarks dari perwakilan ADBI, Rizaldi Akbar, yang menuturkan empat pilar fundamental yang perlu menjadi fokus dalam mendukung kewirausahaan dan inovasi perekonomian desa.

Kemudian Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementrian Keuangan, Sudarto, hadir sebagai Keynote Speaker dan menyampaikan update mengenai kondisi perekonomian Indonesia, juga mengajak pihak-pihak terkait untuk mencari cara-cara baru yang non-konvensional sambal terus bersinergi untuk membangun ekosistem yang mendukung kemajuan desa dan kemandirian BUM Desa.

Seminar Nasional ini dilaksanakan dalam dua panel diskusi. Panel pertama dimoderatori oleh Dosen PKN STAN, Kristian Agung Prasetyo dengan bahasan, ‘Enterpreneurship and Development Policy in Rural Area’, yang kemudian diisi oleh Herlina Sulistyorini selaku Dirjen Pengembangan dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kementrian Desa PDTT, Loto Srinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN, serta Dil Rahut selaku Vice-Chair of Research and Senior Research Fellow ADBI.

Kemudian Panel kedua dimodetori oleh Kuwat Selamet selaku Dosen PKN STAN dengan bahasan, ‘Enterpreneurship and Innovation of Rural Economy’ bersama dengan Ahmad Rohman selaku Direktur BUM Desa Panggung Lestari, Panggungharjo serta Lina Rahmania dari UMKM Mitra PKN STAN Sanrah Food.

Rangkaian kegiatan SEMBADHA 2023 ini selain sebagai perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi, diharapkan juga mampu menjadi platform untuk menyebarkan konstribusi dari kalangan akademisi dalam upaya pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah Pedesaan yang menjadi salah satu fokus utama dari agenda ekonomi KTT ASEAN 2023. Melalui kegiatan ini pula diharapkan ASEAN dapat berperan sebagai kawasan yang memberikan manfaat nyata bagi seluruh dunia.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini