Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Banten > Berita
Penilaian Kantor Wilayah Terbaik DJKN 2023
Wisnu Herjuna
Kamis, 24 Agustus 2023   |   66 kali

Sebagai rangkaian dalam Kompetisi Kantor Wilayah Terbaik di Kementerian Keuangan, hari ini (24/8) dilaksanakan penilaian Kantor Wilayah Terbaik pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Terdapat 3 (tiga) Kantor Wilayah DJKN yang mengikuti penilaian tersebut diantaranya adalah Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Kanwil Kalimantan Timur dan Utara dan Tentunya Kanwil DJKN Banten. Nantinya akan dipilih satu Kantor Wilayah DJKN Terbaik untuk mewakili DJKN pada tingkat Kementerian Keaungan.

Pelaksanaan Penilaian Kantor Wilayah DJKN terbaik kali dilaksanakan secara daring dengan tiga panelis diantaranya Tetik Ruwandari (Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat) , Edo (Direktur Transformasi dan Sistem Informasi DJKN), dan Dedy Syarif Usman (Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara). Penilaian yang berlangsung mulai puku 08.00 WIB ini dilaksanakan dengan metode presentasi dan wawancara.

Dalam penilaian ini Plt. Kanwil DJKN Banten, Sugiwanto, memaparkan secara seksama indikator-indikator yang menjadi poin penilaian Kanwil Wilayah Terbaik, diantaranya Komponen Pembinaan, Sarana dan Prasarana, Inovasi dan Prestasi.

Salah satu hal yang ditekankan pada pemaparan tersebut bahwa Kanwil DJKN telah membangun beberapa inovasi untuk mingkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa. ada sekitar 5 Invoasi yang telah dibangun diantaranya adalah Aplikasi APT Online, SIKAJUL (Sistem Informasi Kaji Ulang), LIPAS (Link Informasi Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja), DOKIN (Dashboard Kinerja) dan MONSTER

Sugiwanto menambahkan bahwa Kanwil DJKN Banten Bersama Kemenkeu Satu di Provinsi Banten juga mempunyai peran strategis dalam optimalisasi perekonomian di daerah, diantaranya adalah dukungan terhadap UMKM baik pembekalan  ekspor produk, pengenalan platform penjualan melalui lelang sampai dengan pemberian kesempatan untuk pelaksanaan UMKM Expo secara berkala.

Dalam kesempatan tersebut panelis banyak menyoroti terkait dengan dampak implementasi Inovasi yang telah diterapkan pada Kanwil DJKN Banten, apakah memberikan peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna layanan.

Penilai Madya Kanwil DJKN Banten, Petrus Teguh Subagyo, menyampaikan bahwa seluruh inovasi pada dasarnya telah memberikan dampak positif baik pada pelayanan kepada pengguna jasa maupun dari peningkatan efektivitas dan efisiensi kinerja internal organisasi. Khusus untuk aplikasi SIKAJUL (Sistem Kaji Ulang) telah banyak memberikan kemudahan bagi penilai Kanwil DJKN untuk mempercepat dan meingkatkan obyektivitas proses kaji ulang laporan penilaian penilai KPKNL. Aplikasi SIKAJUL juga telah mendapatkan apresisasi Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dengan melakukan replikasi aplikasi dimaksud.

Secara umum penilaian berjalan dengan lancar dan hasil penilaian akan disampaikan kemudia. Seperti dikutip di atas, Kantor Wilayah DJKN Terbaik akan diikutkan dalam kompetisi Kantor Wilayah Terbaik pada level Kementerian Keuangan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini