Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Berita
Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Kunjungi Kanwil DJKN Balinusra terkait Kerja Sama Pemanfaatan BMD
Dedy Widia Hananto
Jum'at, 01 Maret 2024   |   9 kali

    Denpasar (01/03), Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Fransiskus Sales Sodo, beserta jajarannya melaksanakan kunjungan kerja ke Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra). Kunjungan ini dalam rangka rencana pemanfaatan Barang Milik Daerah (BMD) pada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam bentuk Kerja Sama Pemanfaatan (KSP).

    Fransiskus menyampaikan bahwa terdapat BMD berupa lahan seluas ±14 hektare di Kabupaten Manggarai Barat dengan potensi pariwisata sesuai analisis Highest and Best Use (HBU) yang telah dilaksanakan oleh Penilai Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal tersebut berpeluang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dari aktivitas pariwisata yang berjalan di kawasan tersebut. Berangkat dari hal itu, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berkunjung ke Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara untuk melakukan koordinasi terkait rencana pemanfaatan lahan dimaksud.

    Kepala Kanwil DJKN Balinusra, Sudarsono, yang akrab dipanggil Soni, menyambut baik kedatangan Fransiskus beserta rombongan. Soni berterima kasih atas inisiatif pihak Pemerintah Kota Manggarai Barat dalam memanfaatkan BMD. Menurutnya, selain meningkatkan perekonomian, pemanfaatan lahan tersebut akan bermanfaat dari segi sosial.

    Lebih jauh Soni menambahkan, bahwa koordinasi dan kerja sama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan Kanwil DJKN Balinusra dapat dilanjutkan dengan kerja sama terkait pendidikan dan pelatihan penilai pemerintah. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan penilai pemerintah baik pada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat secara khusus maupun Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

    Pada kesempatan tersebut, Soni beserta para Kepala Bidang pada Kanwil DJKN Balinusra juga menjelaskan tugas dan fungsi Kanwil DJKN Balinusra, baik dari sisi Penilaian, Piutang Negara, Lelang maupun Pengelolaan Kekayaan Negara. Soni berharap koordinasi dan kerja sama ini dapat berkesinambungan serta memberikan manfaat baik bagi Kanwil DJKN Balinusra, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, maupun masyarakat pada umumnya.

    Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan teknis proses Kerja Sama Pemanfaatan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penilai II, Bungsu Teguh Karnadi kepada Tim Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan proses maupun kelengkapan dokumen yang diperlukan saat Kerja Sama Pemanfaatan telah dilaksanakan.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Kusuma Atmaja Gedung Keuangan Negara I, Renon Lt.3 Denpasar - 80235
(0361) 235454, 226703
(0361) 226703
kanwilbalinusra@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini