Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Berita
Anggota ASEAN Tingkatkan Upaya Kolektif Atasi Isu Kawasan dan Jaga Stabilitas Ekonomi
Yuniantoro Sudrajad
Kamis, 20 Juli 2023   |   27 kali

Jakarta, 18/07/23 Kemenkeu - Pada 10-14 Juli 2023, pertemuan ASEAN Finance and Central Bank Deputies Meeting – Working Group (AFCDM-WG) and Its Related Meetings kembali diadakan  di Yogyakarta. Acara yang diselenggarakan secara kolaboratif dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian Keuangan dan Deputi Bank Sentral dari sepuluh negara ASEAN. Selain itu, Timor-Leste juga turut menghadiri pertemuan ini pertama kalinya dalam kapasitasnya sebagai pengamat di jalur keuangan, sejak disetujuinya Timor Leste sebagai anggota ASEAN ke sebelas pada 2022.

“Partisipasi ini (kehadiran Timor Leste) telah diamanatkan oleh para Pemimpin dan Dewan ASEAN Economic Community (AEC). Atas nama semua anggota ASEAN, saya dengan hangat menyambut Timor-Leste dalam pertemuan kita hari ini,” ungkap Yogi Rahmayanti, Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan.

Beberapa agenda pada pertemuan tersebut antara lain pembahasan progres kerja sama ASEAN Chair Priorities 2023, Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN, Peta Jalan untuk Integrasi Moneter dan Keuangan ASEAN, serta kerja sama keuangan ASEAN.

Terdapat dua belas pertemuan yang meliputi pertemuan utama dan pertemuan pendukung seperti Seminar Implementasi Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana dan Implementasi Perlindungan Sosial Adaptif di Indonesia, Seminar Kolaborasi Sektor Keuangan dan Pertanian untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan ASEAN dan Steering Committee for Capacity Building (SCCB) Meeting ke-24.

Seluruh pertemuan itu merupakan bagian dari perjalanan proses kerja sama negara anggota ASEAN selama setahun penuh. Hasil diskusi pada pertemuan itu kemudian akan disampaikan pada ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors' Meeting (AFMGM) yang kedua pada Agustus 2023 mendatang, yang akan bertempat di Jakarta. (SP/nug/hpy)

Kontak
Jl. Dr. Kusuma Atmaja Gedung Keuangan Negara I, Renon Lt.3 Denpasar - 80235
(0361) 235454, 226703
(0361) 226703
kanwilbalinusra@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini