Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Berita
Menjaga Ketahanan Perekonomian Nasional di tengah Perlambatan Kondisi Global
Yuniantoro Sudrajad
Rabu, 05 Juli 2023   |   20 kali
Jakarta, 26 Juni 2023 – Tantangan dan risiko global masih cukup tinggi. Aktivitas manufaktur global masih berada di zona kontraksi, terutama karena masih lemahnya sektor manufaktur di AS dan Eropa. Harga komoditas energi melanjutkan tren penurunan sementara komoditas pangan masih volatile. Tingkat inflasi global terus menurun dan kenaikan suku bunga acuan mulai tertahan di beberapa negara. Risiko global lainnya berasal dari eskalasi geopolitik, fragmentasi geoekonomi, dan tekanan di sektor keuangan. Prospek pemulihan ekonomi global masih tertahan disebabkan ketidakpastian yang masih tinggi yang tercermin dari proyeksi pertumbuhan dari berbagai institusi.

“Sesuai dengan prediksi yang dikeluarkan lembaga-lembaga dunia seperti IMF, World Bank dan OECD, semuanya menggambarkan tahun 2023 ini adalah tahun yang cukup lemah dibandingkan tahun lalu, dan atau bahkan tahun 2021. Kalau kita lihat untuk tahun ini, World Bank proyeksinya adalah 2,1 (persen), itu lemah dibandingkan tahun sebelumnya, IMF 2,8 (persen) dan OECD 2,7 (persen),” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Konferensi Pers APBN KiTa Edisi Juni 2023 secara daring.

Tren pertumbuhan ekonomi Kuartal I 2023 di berbagai negara beragam. Ekonomi Tiongkok dan AS membaik didukung penguatan konsumsi, sementara beberapa negara Eropa terkendala inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga agresif. Sementara itu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan yang kuat. 

“Tren pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia memang beragam, tapi kalau kita lihat, Indonesia termasuk negara yang memiliki pertumbuhan terkuat dan persisten tinggi. Kita lihat Indonesia terus menerus mempertahankan pertumbuhan di atas 5
Kontak
Jl. Dr. Kusuma Atmaja Gedung Keuangan Negara I, Renon Lt.3 Denpasar - 80235
(0361) 235454, 226703
(0361) 226703
kanwilbalinusra@kemenkeu.go.id