Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Aceh > Berita
Sinergi Dari Aceh Untuk Indonesia
Fajri Andari
Selasa, 22 Agustus 2023   |   90 kali

Takengon – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Aceh menggelar kembali Rapat Koordinasi Gabungan (Rakorgab) di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Takengon yang dibuka pada Sabtu (19/8). Setelah di tahun sebelumnya mengusung tema “Potensi dan Atensi Ekonomi Aceh 2022,” pada tahun ini diusung tema “Membangun Sinergi Kemenkeu Satu Aceh dan Pemangku Kepentingan Untuk Meningkatkan Kemandirian Fiskal di Aceh.” Rakorgab kali ini selain dihadiri oleh Pimpinan dan Jajaran unit vertikal yang ada di Provinsi Aceh turut pula dihadiri oleh Pj. Bupati Kabupaten Bener Meriah, Pj. Bupati Kabupaten Aceh Tengah, Kepala BPS Provinsi Aceh, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh yang diwakili oleh Deputi Kepala Perwakilan, Rektor Institut Agama Islam Negeri Takengon, Rektor Universitas Teuku Umar, Rektor Universitas Syiah Kuala, Rektor Universitas Malikussaleh dan para pemangku kepentingan lainnya dari Bidang Perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) termasuk Perwakilan Special Mission Vehicle Kemenkeu.

“Bersama-sama dan sinergi perlu kita lakukan untuk perkuatan sehingga kita bisa menggerakan dan menaikkan derajat ekonomi dan fiskal Aceh,” ujar Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Aceh, Safuadi. Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Aceh, juga menyampaikan kendala utama dalam pelaksanaan ekspor di Aceh adalah lack of business infrastructure, lack of business financing, lack of business institutional, lack of business culture, dan lack of business facilitation support.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Bupati Aceh Tengah, Mirzuan, menyampaikan, “Kesinambungan ketersediaan komoditas menjadi penting bagi daerah aceh tengah untuk bisa meningkatkan jumlah ekspor.” Tidak lupa terkait UMKM, Mirzuan juga menyampaikan pentingnya pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas nasional mengingat besarnya potensi dan kehebatannya dalam menghadapi krisis ekonomi, membantu penyerapan tenaga kerja dan sebagai motor pertumbuhan perekonomian nasional. Mirzuan menekankan keberadaan UMKM di Aceh tentunya telah berkontribusi dengan mendorong perekonomian Aceh dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat.

Senada dengan Mirzuan, Haili Yoga, Pj. Bupati Bener Meriah menyampaikan, “Kehadiran semua pihak hari ini adalah cerminan semangat bersama untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah kita dan mendukung UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian.” Haili Yoga berharap dengan pertumbuhan ekonomi yang baik maka kemandirian desa dapat terwujud.

Kegiatan Rakorgab Kemenkeu Satu Aceh kali ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 19 sampai dengan 20 Agustus 2023. Pelaksanaan Rakorgab kali ini bertujuan untuk mempererat sinergi dan kolaborasi antar seluruh unit Kementerian Keuangan di Aceh dan juga antara Kementerian Keuangan Aceh dengan seluruh pemangku kepentingan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini