Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Berita
Sah! Pelantikan Anggota PUPN Cabang D.I. Yogyakarta dari Unsur Kepolisian dan Unsur Kejaksaan
Nanik Kurnianingsih Utami
Kamis, 25 April 2024   |   12 kali

Yogyakarta - Rabu (24/04/2024) Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta selaku Ketua Panitia Pengurusan Piutang Negara (PUPN) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta, Tuti Kurniyaningsih, mengambil sumpah dan melantik Anggota PUPN Cabang D.I. Yogyakarta, yaitu Joko Hamitoyo dari unsur Kepolisian dan Fanny Widyastuti dari unsur Kejaksaan. Tuti melaksanakan pelantikan atas nama Ketua PUPN Pusat di KPKNL Yogyakarta dengan lancar dan khidmat. Bertindak sebagai saksi adalah Angga Kunto Widianto, Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Yogyakarta dan Feri Djoko Riyanto, Kepala Subbagian Umum KPKNL Yogyakarta. Turut hadir pula anggota PUPNC dari unsur Pemerintah Derah c.q Inspektorat D.I. Yogyakarta. 

Dalam sambutannya, Tuti menyampaikan bahwa PUPN merupakan panitia interdepartemental yang mengurus piutang negara yang berasal dari instansi pemerintah atau badan-badan yang dikuasi oleh negara. Anggota PUPN berasal dari Kementerian Keuangan, Kepolisian, Kejaksaan, dan Pemerintah Daerah. "Pelantikan anggota PUPN Cabang yang mewakili unsur Kepolisian dan Kejaksaan melengkapi seluruh keanggotaan PUPN. Sehingga diharapkan dapat memberikan dorongan serta memotivasi bagi PUPN Cabang D.I. Yogyakarta untuk meningkatkan kinerja dalam mengurus piutang negara sehingga lebih optimal," ungkap Tuti.

Tantangan pengurusan piutang negara lebih kompleks yaitu penyisihan piutang, penatausahaan piutang, dan laporan piutang serta pengurusan piutang negara terkait dengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia. Saat ini pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2022 tentang Pengurusan Piutang oleh Panitia Urusan Piutang Negara yang bertujuan untuk mempercepat penyelesaian piutang negara serta memperkuat tugas dan kewenangan PUPN.

Mengakhiri sambutan, Tuti menyampaikan selamat bergabung kepada Joko Hamitoyo dan Fanny Widyastuti yang baru saja dilantik. Tuti juga mengharapkan kolaborasi dan sinergi dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan dalam proses percepatan pengurusan piutang negara di wilayah D.I. Yogyakarta dan memberikan solusi atas permasalahan piutang negara/daerah yang ada di D.I. Yogyakarta. 

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan diakhiri dengan pembacaan doa oleh rohaniawan H.Ahmad Fauzi dari Kementerian Agama Provinsi D.I. Yogyakarta, pemberian ucapan selamat dari semua yang hadir, dan ramah tamah.

(Penulis/Foto:Nanik)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini