Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang Sidempuan > Berita
KPKNL Padangsidimpuan: Dengan e-Auction, Berjuta Manfaat yang Didapat”
N/a
Senin, 27 Juli 2015   |   1286 kali

Padangsidimpuan - Belum lama ini Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan Tagor Sitanggang didampingi Kepala Seksi Pelayanan Lelang Andi Singarimbun dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal Dino Marganda Pakpahan beserta staf melakukan kunjungan kerja ke beberapa kantor perbankan di Kota Padangsidimpuan dengan tujuan mengenalkan e-Auction yang merupakan produk unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Jajaran perbankan seperti PT BRI (Persero) Cabang Padangsidimpuan, PT Bank Sumut Syariah Cabang Padangsidimpuan, PT BNI (Persero) Tbk. Cabang Padangsidimpuan, PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan, PT Bank BTPN Cabang Padangsidimpuan, PT Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan, dan PT Permodalan Nasional Madani Unit ULaMM Padangsidimpuan adalah kantor yang berhasil dikunjungi oleh rombongan yang bisa juga disebut sebagai “sosialisasi mini” guna memperkenalkan e-Auction tersebut.


Dalam pertemuan dengan para pemimpin bank, Tagor Sitanggang menyampaikan bahwa di samping metode konvensional, saat ini telah hadir lelang termutakhir dengan berbasis web yang disebut e-Auction. Sistem ini dihadirkan guna menjawab kemajuan teknologi dan informasi yang selalu mengacu pada fasilitas internet di setiap sendi kehidupan. Faktor semakin maraknya kebutuhan sekaligus tantangan juga menjadi salah satu indikator dalam memberikan pelayanan lelang yang optimal kepada masyarakat. e-Auction sendiri dapat dijalankan dengan dua metode, yaitu ALI (Aplikasi Lelang Internet) dan ALE (Aplikasi Lelang E-mail). “Banyak manfaat yang diperoleh melalui e-Auction. Selain harga yang terbentuk optimal, peminat juga tidak perlu hadir pada saat pelaksanaan lelang. Dengan ketidakhadiran peserta lelang, maka akan meminimalisir “campur tangan” dari pihak yang selalu memberi kesan tidak baik terhadap lelang dan juga membuka kesempatan yang lebih luas  kepada masyarakat untuk mengikuti lelang, serta dapat membantu pembentukan bank data lelang,” demikian imbau Tagor Sitanggang.


Selanjutnya, Andi Singarimbun selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang dengan gamblang menjelaskan teknis pelaksanaan e-Auction yang mencakup prosedur permohonan lelang e-mail/internet sampai kepada pengembalian uang jaminan lelang bagi pihak yang tidak ditunjuk sebagai pemenang. Andi Singarimbun juga memaparkan perbedaan antara lelang e-mail dan lelang internet yang terletak pada cara penawarannya. Pada lelang e-mail, cara penawarannya bersifat tertutup dimana peserta lelang tidak mengetahui jumlah besaran penawaran dari peserta yang lain. Sedangkan pada lelang internet, cara penawarannya terbuka sehingga sesama peserta lelang secara real time dapat melihat penawaran yang masuk sampai dengan waktu penawaran ditutup. “Dengan penawaran terbuka, persaingan harga terjadi sehingga harga jual yang terbentuk semakin mantap dan bersaing,” ungkap Andi.


Dalam hal pengembalian uang jaminan lelang, Tagor Sitanggang juga meyakinkan uang jaminan peserta lelang yang tidak ditunjuk sebagai pemenang secara otomatis akan kembali ke rekening peserta yang bersangkutan lewat electronic banking. Dengan demikian, penyalahgunaan kuasa untuk pengambilan uang jaminan yang selama ini terjadi dimungkinkan dapat dihindari. Tagor Sitanggang juga dengan bangga berujar, “e-Auction telah menjadi andalan Kementerian Keuangan dalam ajang Kompetisi Layanan Publik 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. e-Auction dengan basis web telah teruji ketahanan sistem aplikasinya dengan diakses secara serentak di tujuh puluh KPKNL seluruh Indonesia.


Para pemimpin bank menyambut baik e-Auction dan antusias untuk segera mencoba lelang e-mail/internet mengingat kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan yang ditawarkan oleh e-Auction. Tagor Sitanggang juga berpesan kepada pemimpin bank untuk dapat menyampaikan kepada para staf dan selanjutnya diteruskan kepada nasabah sebagai pesan berantai sehingga e-Auction ini menggurita dan dapat dijadikan sebagai cara jual-beli modern di Kota Padangsidimpuan. Cukup dengan mengunjungi dan mengklik website dengan domain www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id. Setelah berhasil pada tahap proses registrasi, maka untuk seterusnya akan dapat mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh KPKNL di seluruh Indonesia. Dalam kunjungan yang dilakukan beberapa hari tersebut, sebagian pimpinan perbankan bahkan membuka diri seandainya KPKNL Padangsidimpuan berniat menempatkan banner e-Auction di ruang pelayanan perbankan sebagai bagian dari sosialisasi. (Penulis: Dino M. Pakpahan, Novwandy/Foto by Herman dan Samuel, Edited: Sie HI)

Edited: Achie - Humas DJKN

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini