Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang Sidempuan > Berita
KPKNL Padangsidimpuan Sukses Lelang BMD Pemkab Taput
N/a
Rabu, 24 Juni 2015   |   806 kali

Padangsidimpuan – 19/06/2015, Pertengahan tahun 2015 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan kembali sukses melaksanakan Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD). Objek lelang berupa kendaraan dinas roda empat, roda dua, maupun alat berat atas permintaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara. Pelaksanaan lelang BMD ini telah dilaksanakan pada 09 Juni 2015 bertempat di Gedung Nasional Tarutung. Pejabat Lelang yang memandu Andi Singarimbun, menjelaskan pemenang lelang wajib melunasi harga lelang terbentuk dan bea lelang sebesar dua persen selambat-lambatnya lima hari kerja. Jika tidak dilunasi maka uang jaminan lelang dianggap hangus dan disetor ke kas Negara.

Pada pelaksanaan lelang ini, barang yang dilelang sebanyak 84  item barang yang terdiri dari 45 unit kendaraan roda empat, 1 unit kapal bermotor, 7 paket kendaraan roda empat sepeda motor dan alat berat dalam kondisi besi tua atau scrap, dan 31 unit sepeda motor. Dari pelaksanaan lelang tersebut barang yang laku terjual sebanyak 33 item terdiri dari 19 unit roda empat, 8 unit roda dua, dan 6 unit besi tua atau scrap dengan pokok lelang Rp1,011 milyar. Dalam lelang non eksekusi wajib BMD kali ini yang menarik adalah alat berat yang rusak berat(scrap) sangat fenomenal. Awalnya hanya dibandrol nilai limit Rp 78 juta ternyata laku terjual Rp171 juta.

Atas sukses dan lancarnya pelaksanaan lelang BMD tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas peran serta dan kerja keras KPKNL Padangsidimpuan. Selanjutnya untuk barang yang belum laku dalam pelaksanaan lelang tersebut akan dilelang pada kesempatan selanjutnya. "Pemkab Tapanuli Utara akan segera mengevaluasi limit harganya untuk kemudian dilelang pada tahap berikutnya.” kata Julius RM Hutahuruk selaku Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang Aset Pemkab Taput.

Pada kesempatan terpisah, Tagor Sitanggang Kepala KPKNL Padangsidimpuan juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan lelang ini karena capaian kinerja KPKNL Padangsidimpuan hingga pertengahan tahun 2015 telah sesuai target. Selain itu Tagor Sitanggang juga menyampaikan bahwa KPKNL Padangsidimpuan sukses melaksanakan lelang BMD yang merupakan potensi lelang yang terpendam.

Dengan suksesnya lelang ini, Tagor berharap agar lelang menjadi sarana jual beli yang terpercaya yang mempunyai beberapa kelebihan antara lain, terbuka untuk umum, transparan, kompetitif, cepat, dan aman. Selanjutnya Tagor Sitanggang juga berharap semua pegawai KPKNL Padangsidimpuan agar menanamkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan (Intergritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan) dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. (Penulis/foto: Frans S/M. Gimor, Edited : Sie HI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini