Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Samarinda > Berita
Positive Thinking, Proaktive and Playfull
N/a
Kamis, 09 Oktober 2014   |   1260 kali

Samarinda - Acara In House Training (IHT) KPKNL Samarinda yang bertajuk “menumbuhkan motivasi pegawai dan sharing session dengan kepegawaian”, diselenggarakan Selasa 7 Oktober 2014 di Hotel Diamond Samarinda. Ini adalah salah satu program nyata dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) guna meningkatkan kualitas soft skill pegawai yang menjadi salah satu fokus utama Reformasi Birokrasi Kemenkeu, khususnya pada KPKNL Samarinda. Acara IHT ini dibagi menjadi 2 sesi utama. Sesi pertama adalah menumbuhkan motivasi pegawai yang dipandu oleh motivator handal Kuwat Slamet, Kepala Bidang Pengelolaan Tes Terpadu Pusdiklat PSDM BPPK dan sesi kedua adalah sharing session tentang kepegawaian dengan nara sumber dari Bagian Kepegawaian kantor pusat DJKN.

Sebagai suatu organisasi yang menangani permasalahan yang sangat krusial dan kompleks dalam bidang keuangan negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memerlukan harmonisasi untuk mencapai sinergi dalam mewujudkan visi dan misinya. Program Transformasi Kelembagaan, dengan tersusunnya Cetak Biru Kementerian Keuangan Tahun 2014-2025, merupakan salah upaya Kemenkeu sebagai tindak lanjut dari program reformasi birokrasi, terdiri dari 3 pilar utama yaitu Penataan Organisasi, Penyempurnaan Proses Bisnis serta Peningkatan Disiplin dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Pada sesi pertama IHT, narasumber mengajak pegawai KPKNL Samarinda untuk mengembangkan soft skill. Jalinan kerjasama yang didasarkan pada komunikasi, trust dan passion, diasah pada sesi ini. Dari permainan seru dan kreatif sampai dengan cara menenangkan diri melalui media relaksasi dilatih dalam sesi ini. Hal menarik pada sesi ini adalah ketika motivator mencoba untuk menebak karakteristik dari setiap pegawai KPKNL Samarinda, dan tebakannya tersebut dicocokkan dengan psikotes sederhana yang dikerjakan masing-masing individu. Hasilnya, 90% persen tebakan Kuwat Slamet terhadap sifat dan karakteristik masing-masing pegawai cocok dengan hasil psikotes!. Sesi pertama yang memakan waktu sekitar 8 jam (8.00 – 16.00 WITA) seakan berjalan sangat cepat.

Pada sesi kedua, para peserta diberikan informasi dan pengetahuan tentang penataan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dalam hal pengelolaan kinerja pegawai, kebijakan pola mutasi pelaksana dan SIMPEG. Dalam sesi tanya jawab, sebagian besar pegawai KPKNL Samarinda menyampaikan harapannya kepada Kantor Pusat agar dapat dimutasikan sesuai dengan ketentuan yaitu antara dua sampai dengan lima tahun, sehingga tidak ada lagi pegawai yang ditempatkan di KPKNL Samarinda lebih dari lima tahun.

Acara ditutup oleh Sayidi, Plh. Kepala KPKNL Samarinda dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara IHT ini. Pria yang berpenampilan kalem ini juga berharap agar IHT diselenggarakan secara rutin, minimal satu kali dalam setahun. Karena kebutuhan peningkatan soft skill seperti inilah sangat dibutuhkan bagi para pegawai DJKN, khususnya KPKNL Samarinda, untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam melaksanakan pekerjaan rutin. Mengutip perkataan Henry Ford, “Kebersamaan adalah permulaan, menjaga bersama adalah kemajuan, bekerja bersama adalah keberhasilan.” (Penulis: Prasodjo Mulyo Pamudji dan Deneb Pebriyanto, Foto: Satrio H. Wibowo dan Deneb Pebriyanto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini