Selasa (28/02), KPKNL Pekanbaru berkolaborasi dengan Kanwil DJKN RSK mengapresiasi sejumlah stakeholder
terbaik melalui kegiatan penganugrahan penghargaan bertajuk KN Award di Aula Balai
Diklat Keuangan (BDK) Pekanbaru. KN Award diadakan dalam rangka meningkatkan stakeholder
engagement dengan seluruh pemangku layanan KPKNL yang beragam. Pada kegiatan KN Award ini, KPKNL
Pekanbaru mengundang para pengguna jasa layanan pengelolaan Barang Milik Negara
(BMN), layanan pengurusan piutang negara, layanan lelang, dan layanan penilaian
yang dinilai telah berkontribusi extra selama tahun 2022.
Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wahyu Prihantoro,
Kepala Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau dengan
pesan agar kinerja positif di 2022 menjadi modal untuk menghadapi tantangan di
tahun 2023. Peningkatan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan diharapkan
dapat menjadi sarana tercapainya target secara maksimal. Senada dengan hal itu,
Maulina Fahmilita dalam pemaparan materi mengenai Strategi Optimalisasi Barang
Milik Negara sesuai SBSK dan Peningkatan Kinerja Lelang menyampaikan bahwa
kerja sama ini sangat penting agar permasalahan yang dihadapi oleh stakeholder
dapat teratasi dan percepatan layanan dapat diwujudkan.
Bagi stakeholder layanan pengelolaan
BMN, apresiasi diberikan kepada satuan kerja dengan 5 kategori, yaitu produktifitas
BMN terbaik, penatausahaan BMN terbaik, pengamanan BMN terbaik, pengelolaan BMN
rampasan terbaik, serta operator BMN terbaik pada tahun 2022. Selain itu, stakeholder
layanan lelang juga menerima apresiasi dengan 3 kategori, yakni kinerja lelang
hak tanggungan terbaik, kinerja lelang BMN terbaik, dan kinerja lelang BMD
terbaik selama tahun 2022. Tidak hanya itu, KPKNL Pekanbaru juga turut mengapresiasi
stakeholder layanan pengurusan piutang negara, yaitu penyerah piutang
dengan kontribusi penyelesaian piutang negara/daerah terbaik, serta stakeholder
layanan penilaian BMD yang aktif berpartisipasi dalam permohonan penilaian.
Pemberian apresiasi satuan kerja pengguna
layanan pengelolaan BMN dilakukan penggolongan satuan kerja, kecuali
penghargaan pada kategori pengelolaan BMN Rampasan terbaik. Pengelompokan
kriteria satuan kerja dibedakan menjadi 2 (dua) kelompok oleh KPKNL Pekanbaru, yaitu
kelompok satuan kerja besar dan kelompok satuan kerja kecil. Kelompok satuan
kerja besar, yaitu satuan kerja pengguna layanan pengelolaan BMN dengan jumlah
aset yang dikelola lebih dari 5000 Nomor Urut Pendaftaran (NUP) dan kelompok
satuan kerja kecil, yaitu satuan kerja pengguna layanan pengelolaan BMN dengan
jumlah aset yang dikelola kurang dari 5000 Nomor Urut Pendaftaran (NUP).
Pada kelompok satuan kerja kecil, Komisi
Pemilihan Umum (KPU) Kab. Kampar berhasil menjadi satuan kerja dengan produktivitas
BMN terbaik pertama, diikuti oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama)
Pekanbaru Senapelan yang menempati terbaik kedua, dan Kepolisian Resor Kampar sebagai
terbaik ketiga. Masih dengan kelompok stakeholder yang sama, kategori
penatausahaan BMN terbaik peringkat pertama diraih oleh Balai Pemantapan
Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XIX Pekanbaru, diikuti oleh Kantor Unit
Penyelenggara Pelabuhan Kuala Gaung pada peringkat kedua, dan Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) 3 Kota Pekanbaru pada peringkat ketiga. Selanjutnya kategori satuan
kerja dengan pengamanan BMN terbaik dianugerahkan kepada Kantor Wilayah
Kementerian Hukum dan HAM Riau sebagai peringkat pertama, Kantor Wilayah
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Riau sebagai peringkat kedua, dan
Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru sebagai peringkat ketiga. Untuk kelompok
satuan kerja kecil ini, Wella Febryantos, selaku operator BMN pada Kantor
Wilayah DJBC Riau, dinobatkan sebagai operator BMN terbaik.
Pada kelompok satuan kerja besar, kategori
satuan kerja dengan produktivitas BMN terbaik dianugerahkan kepada Satuan
Brimob Kepolisian Daerah Riau sebagai peringkat pertama, Balai Pengelola
Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau sebagai
peringkat kedua, dan Universitas Riau sebagai peringkat ketiga. Masih dengan
kelompok stakeholder yang sama, Balai Pengelola Transportasi Darat
(BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau berhasil menjadi satuan
kerja dengan penatausahaan BMN terbaik pertama, diikuti oleh Kantor Kementerian
Agama Kab. Indragiri Hilir yang menempati terbaik kedua, dan Madrasah Tsanawiyah
Negeri (MTsN) 2 Indragiri Hilir sebagai terbaik
ketiga. Selanjutnya kategori pengamanan BMN terbaik peringkat pertama diraih
oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau, diikuti oleh Badan
Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau pada peringkat kedua, dan Madrasah Tsanawiyah
Negeri (MTsN) 3 Kota Pekanbaru pada peringkat ketiga. Aditya Agustian, selaku
operator BMN pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi
Riau dan Kepulauan Riau, dinobatkan sebagai operator BMN terbaik untuk kelompok
satuan kerja besar. Selain kategori yang telah disebutkan sebelumnya, Kejaksaan
Negeri Indragiri Hilir juga diapresiasi sebagai satuan kerja dengan pengelolaan
BMN Rampasan terbaik pada KN Award KPKNL Pekanbaru tahun 2022 ini.
Sejumlah satuan kerja juga meraih penghargaan
sebagai penyerah piutang dengan aktivitas penyelesaian piutang negara terbaik, yaitu
Kementerian Komunikasi dan Informasi dan Direktorat Jenderal Industri Kecil,
Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian. Pemerintah Kota Pekanbaru juga
berhasil meraih penghargaan sebagai stakeholder dengan penyelesaian
piutang daerah terbaik. Tidak cukup sampai disitu, Pemerintah Kota Pekanbaru
juga dinobatkan sebagai pengguna layanan pada kategori pemohon penilaian BMD
terbaik pertama, diikuti oleh Pemerintah Kab. Pelalawan sebagai terbaik kedua dan
Pemerintah Kab. Indragiri Hilir sebagai terbaik ketiga.
KPKNL Pekanbaru turut mengapresiasi para stakeholder
layanan lelang dengan sejumlah kategori. Untuk pengguna layanan
lelang hak tanggungan terbaik, BRI Regional Office Pekanbaru berhasil
menjadi peringkat pertama, mengungguli Bank Mandiri di peringkat kedua, dan BNI
Remedial & Recovery Wilayah 02 di peringkat ketiga. Sementara untuk
pengguna layanan lelang BMN terbaik, Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara
Japura menjadi terbaik pertama, diikuti oleh KPU Kab. Kampar sebagai terbaik
kedua, dan Satuan Brimob Kepolisian Daerah Riau sebagai terbaik ketiga.
Kemudian pada kategori pengguna layanan lelang BMD terbaik, Pemerintah Kab.
Rokan Hulu menjadi yang terbaik pertama, disusul oleh Pemerintah Kab. Kampar pada
posisi kedua, dan Pemerintah Provinsi Riau pada posisi ketiga.
Kepala KPKNL Pekanbaru, Maulina Fahmilita, juga
menyampaikan pesan penting terkait kewasapadaan masyarakat atas penipuan
berkedok lelang, diharapkan masyarakat lebih berhati-hati jika mendapati pesan
melalui whatsapp yang mengatasanamakan KPKNL dengan iming-iming barang lelang dengan harga murah,
bahwa KPKNL tidak pernah meminta transfer uang muka melalui rekening pribadi
terlebih lagi menawarkan barang melalui pesan pribadi. Informasi terkait lelang
KPKNL hanya ada di lelang.go.id atau kunjungi kantor KPKNL Pekanbaru di Jalan
Jenderal Sudirman No.24.