Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekanbaru > Berita
Waspadai Penipuan Berkedok Lelang, KPKNL Pekanbaru Gelar Kampanye di CFD
M. Alkhilal Ramadhoni
Senin, 13 Februari 2023   |   162 kali

Minggu (12/02), KPKNL Pekanbaru kembali menyapa para pengunjung Car Free Day di Jl. Jenderal Sudirman melalui kegiatan rutin bulanan bertajuk PILOTS (Pekan Informasi dan Layanan On The Streets). Pada edisi kali ini, PILOTS dimeriahkan dengan kolaborasi tarian The Universal Line Dance Riau bersama para pegawai KPKNL Pekanbaru dan pengunjung CFD.

PILOTS Februari mengusung kampanye untuk meningkatkan kewaspadaaan masyarakat terkait penipuan berkedok lelang. KPKNL Pekanbaru mendirikan posko layanan dan berkeliling di area CFD dengan menyebarluaskan brosur prosedur lelang sekaligus melakukan sosialisasi platform lelang.go.id. Melalui kegiatan ini KPKNL Pekanbaru juga melakukan asistensi pendaftaran akun lelang.go.id sehingga masyarakat  lebih familiar dalam mengakses informasi mengenai lelang.

Pengenalan layanan KPKNL di area CFD tidak saja secara konseptual, namun juga memberikan pengalaman nyata terkait proses lelang. Melalui simulasi lelang dengan metode lelang konvensional masyarakat mengikuti prosesnya dengan antusias. Barang-barang yang dilelang pada kesempatan tersebut diperoleh dari sumbangan sukarela para pegawai KPKNL Pekanbaru berkolaborasi dengan Bank Mandiri. Seluruh hasil simulasi lelang kemudian disumbangkan kepada Panti Asuhan Fatma Visi Sukses dengan jumlah dana yang terkumpul senilai Rp 1.290.000,- (satu juta dua ratus sembilan puluh ribu rupiah).

Salah seorang  pembeli pada Simulasi Lelang,  Bambang Zamri menyampaikan testimoni positif bahwa manfaat yang didapatkannya melalui simulasi lelang merupakan barang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selain menjadi pembeli pada simulasi lelang ini, ternyata Bambang Zamri juga sering mengikuti dan menjadi pemenang pada lelang yang diselenggarakan KPKNL Pekanbaru melalui lelang.go.id, yang menurutnya lelang itu mudah dan selalu menguntungkan.

Menutup kegiatan PILOTS Edisi Februari, Kepala KPKNL Pekanbaru Maulina Fahmilita mengingatkan ciri-ciri penipuan berkedok lelang diantaranya ada 7 (tujuh) yaitu, pelaku aktif menghubungi korban, mengaku sebagai pegawai KPKNL/instansi Kemenkeu, menggunakan akun sosial media palsu untuk menawarkan barang, meminta uang muka untuk ditransfer ke rekening pribadi, menawarkan harga yang tidak wajar, menjanjikan menang lelang hingga mendesak korban agar segera melakukan transfer. Melalui kegiatan ini, beliau berharap agar tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban penipuan berkedok lelang. Selain itu, beliau juga berpesan bahwa informasi lelang yang diselenggarakan KPKNL Pekanbaru dapat diakses melalui lelang.go.id. Apabila menemukan kejanggalan mengenai informasi lelang, masyarakat diharapkan dapat menghubungi Layanan Informasi KPKNL Pekanbaru di nomor kontak 0822-8666-6106 atau datang langsung ke KPKNL Pekanbaru di Jl. Jend. Sudirman No.24, Pekanbaru.

***

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini