Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Dukung Bangkitnya Sektor UMKM, DJKN/KPKNL Mamuju Gelar Gebyar Lelang Produk UMKM
Ida Kade Sukesa
Kamis, 24 Maret 2022   |   110 kali

Mamuju – Dalam rangka memeriahkan 114 tahun lelang Indonesia dan sebagai dukungan terhadap bangkitnya sektor UMKM di tengah pandemi, DJKN menyelenggarakan Gebyar Lelang Produk  UMKM pada Kamis (24/03). Kegiatan yang melelang ribuan produk-produk UMKM tersebut dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan melibatkan seluruh KPKNL dan beberapa Balai Lelang Swasta.

Acara yang dirangkaikan dengan pencanangan Kedai Lelang Produk UMKM itu, diawali dengan laporan dari Direktur Lelang DJKN, Joko Prihanto, selaku Ketua Panitia.  Dalam laporannya Joko menyampaikan bahwa sebagai wujud dukungan pada UMKM, DJKN memberikan fleksibilitas berupa extended auction, lelang tanpa uang jaminan, fitur khusus produk UMKM pada portal lelang.go.id, dan adanya template serta video tutorial pengajuan permohonan lelang, sehingga memudahkan pelaku UMKM untuk mengajukan permohonan lelang.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rionald Silaban, Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), sekaligus membuka acara Gebyar Lelang Produk  UMKM dan melaksanakan Pencanangan Kedai Lelang Produk UMKM. Dalam sambutannya Rionald Silaban menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi seluruh elemen pemerintah. Lebih lanjut Rionald Silaban menyampaikan bahwa portal lelang.go.id telah ikut berperan dalam mendorong produktifitas, mendukung ekonomi keuangan inklusif dan meningkatkan akses serta mengoptimalkan jangkauan produk UMKM melalui pemanfaatan teknologi. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan virtual visit Dirjen KN ke beberapa KPKNL.

Sebagai bagian dari acara Gebyar Lelang Produk  UMKM, secara terpisah, Kanwil DJKN Sulseltrabar juga menyelenggarakan lelang produk UMKM bekerja sama dengan KPKNL Makassar dengan tajuk Balla Lelang UMKM. Dalam kesempatannya Kakanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana, menyampaikan harapannya agar kegiatan lelang produk UMKM tersebut dapat  mengubah image lelang yang selama ini dipahami sebagai instrumen law enforcement menjadi instrumen penjualan yang lebih santai melalui pelaksanaan lelang sukarela produk-produk UMKM. Lelaki yang sering disama Pak Ekka itu juga mengatakan bahwa portal lelang.go.id terbukti telah memberikan kepastian dan transparansi yang berujung pada lelang yang bebas mafia  lelang, yang di masa lalu menjadi momok tersendiri.

KPKNL Mamuju sendiri, pada saat yang sama juga melaksanakan lelang produk UMKM dalam acara yang bertajuk Kamis Manis Lelang Produk UMKM. Acara yang dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawei Barat itu menjual tujuh lot barang produk-produk UMKM khas daerah Sulawesi Barat. Produk-produk tersebut antara lain produk Kain Tenun Sekomandi, Kopi Mamasa, dan produk makanan.

Selanjutnya, dalam kegiatan pelaksanaan lelang produk UMKM tersebut, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar juga berkesempatan melakukan saat virtual visit. Pada kesempatan tersebut, pemohon lelang dari pelaku UMKM Kopi Mamasa menganggap bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pada sektor UMKM. Selanjutnya pihaknya mengharapkan agar kegiatan lelang produk UMKM ini dapat terus dilaksanakan secara rutin.

Dalam kesempatan terpisah Piter, Pejabat Fungsional Pelelang yang memimpin acara lelang produk UMKM di KPKNL Mamuju menyampaikan kegembiraannya telah dapat berperan serta dalam gebyar lelang UMKM dan telah dapat memberikan sumbangsih yang mungkin tidak seberapa dalam mewujudkan dukungan DJKN pada sektor UMKM. Menurutnya, semua elemen DJKN hendaknya memiliki semangat yang sama dalam upaya mendukung bangkitnya sektor UMKM di tengah pandemi. “Lelang UMKM harusnya dilihat sebagai media bagi pelelang untuk berperan lebih,” imbuhnya. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini