Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Persaingan di Dunia Maya Ramaikan Lelang Internet KPKNL Madiun
N/a
Kamis, 09 April 2015   |   742 kali

Madiun - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Madiun melalui perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun menyelenggaran lelang Non Eksekusi Wajib berupa barang inventaris pada 7 April 2015. Lelang dilaksanakan melalui internet tanpa kehadiran peserta lelang dengan cara penawaran tertulis. Bertindak selaku Pejabat Lelang Widhi Prasetyo dan  selaku Penjual Kepala Unit SDM dan Umum BPJS Kesehatan Cabang Madiun Rahmadi Dwi Purwanto disaksikan oleh beberapa pegawai perwakilan dari BPJS Kesehatan Cabang Madiun dan BPJS dari Divisi Regional Jawa Timur.
Barang-barang yang dilelang berupa 3 unit kendaraan roda 4 terdiri dari 1 unit mobil Toyota Innova tahun 2007, 1 unit mobil Toyota Avanza tahun 2007, 1 unit mobil Suzuki APV tahun 2007, 1 paket inventaris kantor dan 1 paket komputer. Penawaran lelang ditetapkan mulai pukul 08.00 – 11.00 waktu server ALI (sesuai WIB).
Tercatat 31 orang yang menyetor uang jaminan dan mengikuti lelang internet ini. Para peserta lelang sejak pukul 08.00 waktu server sudah mulai melakukan penawaran. Meskipun para peserta lelang tidak mengetahui siapa saja yang menjadi lawannya akan tetapi tetap terjadi persaingan yang tidak kalah seru apabila dibandingkan dengan lelang dengan penawaran secara konvensional (dengan kehadiran peserta lelang). Para peserta saling bersaing menaikkan harga penawarannya. Persaingan tidak hanya terjadi di unit kendaraan namun juga pada barang inventaris lainnya.

Sampai menjelang pada batas akhir penawaran yaitu pukul 11.00 waktu server persaingan masih berlangsung dan akhirnya Pejabat Lelang menutup penawaran lelang dengan harga yang cukup fantastis. Dari total harga limit sebesar Rp214.450.000,00 laku terjual lelang sebesar Rp 280.450.000,00. Untuk jenis kendaraan rata-rata presentase kenaikan dari harga limit di atas 20%. Sedangkan untuk inventaris berupa 1 paket komputer kenaikan dari harga limit sebesar 140% dan untuk paket inventaris kantor lainnya kenaikan dari harga limit di atas 250%. 
Misbah, perwakilan dari BPJS Divisi Regional Jawa Timur menyatakan kepuasannya dan menyambut baik lelang yang dilaksanakan dengan sistem penawaran melalui internet ini. Menurutnya, pelelangan dengan melalui internet harga lelang yang terbentuk lebih maksimal dan semakin mengoptimalkan pendapatan negara. (Naskah / Foto : Siti R/M. Abdus Salam_Seksi HI)


     


 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini