Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
KPKNL Madiun Berikan Penghargaan kepada Mitra dan Satker Terbaik
N/a
Senin, 30 Juni 2014   |   1130 kali

Madiun – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun menyelenggarakan acara bertajuk “Pemberian Penghargaan dan Serah Terima Sertifikat Tanah Hasil Pelaksanaan Kegiatan Sertifikasi Tanah Pemerintah Tahun 2014” pada Jumat, 27 Juni 2014 di aula KPKNL Madiun.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Pertanahan Kabupaten Ponorogo dan Kepala Satuan Kerja (Satker) yang berhasil menuntaskan sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah sesuai yang ditargetkan oleh KPKNL Madiun tahun 2014, yaitu Kodim 0802 Ponorogo, MTsN Sampung Ponorogo, MTsN Ponorogo dan MTsN Jetis Ponorogo.

Kepala KPKNL Madiun R.B. Sigit Budi Prabowo menyampaikan bahwa acara ini merupakan akhir dari serangkaian kegiatan yang panjang dari pelaksanaan sertifikasi tanah pemerintah tahun 2014. “Alhamdulillah Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo adalah mitra kerja KPKNL Madiun yang tercepat di wilayah kerja KPKNL Madiun dan bahkan di jajaran Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur dalam menuntaskan sertifikasi BMN berupa tanah pada tahun 2014,” ujarnya.

Sigit merinci dari 11 bidang tanah yang menjadi target,  pada semester I tahun 2014 berhasil diselesaikan sebanyak 13 bidang tanah dengan catatan sertifikasi atas 2 bidang tanah Pengadilan Negeri Ponorogo dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Keberhasilan pencapaian target ini tidak lepas dari kerjasama dan sinergi yang baik antara satker, Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo dan KPKNL Madiun. Ia berharap agar kerja sama dan sinergi yang baik ini tetap berjalan untuk kegiatan sertifikasi pada tahun-tahun mendatang.

Sebagai bentuk perhatian, KPKNL Madiun memberikan apresiasi dan penghargaan atas kecepatan penuntasan sertifikasi BMN kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo selaku mitra kerja KPKNL dan atas kecepatan melengkapi dokumen pendukung sertifikasi kepada satuan kerja Kodim 0802 Ponorogo, MTsN Sampung Ponorogo, MTsN Ponorogo dan MTsN Jetis Ponorogo.

Untuk selanjutnya, tugas satker adalah mengajukan usulan penetapan status penggunaan BMN kepada pengelola barang. Mengakhiri sambutan, Sigit mengingatkan kepada para satker mengenai kewajiban rekonsiliasi BMN, dan KPKNL Madiun akan terus memberikan apresiasi dan penghargaan kepada satuan kerja yang tercepat dan terakurat dalam pelaksanaan rekonsiliasi BMN.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo Imam Nawawi menyampaikan ucapan terima kasih kepada satker atas kerjasamanya dalam melaksanakan program sertifikasi ini. “Tanpa kerja sama yang baik tentu tidak akan tercapai,” ungkapnya. Sebenarnya, Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo menargetkan bahwa sertifikasi ini bisa selesai dalam bulan Mei 2014, akan tetapi karena ada kendala teknis baru terealisasi pada 11 Juni 2014.

Pengalaman ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk tahun 2015. Ia mengatakan terhadap tanah-tanah yang akan disertifikasi, terlebih dahulu diinventarisir dan yang sudah siap menjadi target sertifikasi pada tahun 2015. Dengan persiapan matang dan tertata, diharapkan sertifikasi bisa dituntaskan lebih awal lagi. Lebih lanjut, Imam mohon doa restunya agar Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo berhasil melaksanakan PRONA atau sertifikasi masal. Sebagaimana keberhasilan sertifikasi tanah pemerintah tahun 2014, Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo pada semester I tahun 2014 telah menyelesaikan 45% dari target yang ditetapkan PRONA dan sisanya ditargetkan selesai pada bulan September tahun ini.

Piagam penghargaan diberikan oleh Kepala  KPKNL Madiun kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo selaku mitra kerja tercepat dalam menuntaskan sertifikasi di wilayah kerja KPKNL Madiun, dan kepada Komandan Kodim 0802 Ponorogo, Kepala  MTsN Sampung Ponorogo, Kepala MTsN Ponorogo dan Kepala MTsN Jetis Ponorogo selaku satker terpatuh dalam pelaksanaan kegiatan sertifikasi. Acara dilanjutkan dengan penyerahan asli sertifikat tanah oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo kepada Komandan Kodim 0802 Ponorogo (2 sertifikat), Kepala  MTsN Sampung Ponorogo (2 sertifikat), Kepala MTsN Ponorogo (4 sertifikat) dan Kepala MTsN Jetis Ponorogo (3 sertifikat).

Sebelum acara ditutup, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima sertifikat antara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Ponorogo dengan kepala satker yang menerima sertifikat dan disaksikan oleh Kepala KPKNL Madiun. (Naskah/Foto : Siti/Fredhy/edited/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini