Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Pengelolaan BMN Harus Ditertibkan dan Diawasi dalam Rangka Meningkatkan Pelaksanaan Tusi Kementerian/Lembaga
N/a
Senin, 07 Oktober 2013   |   732 kali

Kendari - Untuk meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) perlu sebuah sistem pengawasan dan pengendalian sebagaimana  diatur dalam Undang-Undang Perbendaharaan Negara. Oleh karena itu, Menteri Keuangan Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 244 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian BMN. Demikian disampaikan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari Iwan Victor Leonardo mewakili Kepala KPKNL Kendari saat membuka acara Sosialisasi Pengawasan dan Pengendalian BMN pada 30 September 2013 di Fakira Ball Room Hotel Zahra Kendari.

Acara yang bertemakan “Melalui Pengawasan dan Pengendalian BMN, Mari Kita Tingkatkan Pengelolaan BMN yang Tertib Fisik, Tertib Administrasi dan Tertib Hukum” diikuti 70 satuan kerja instansi vertikal yang berada di Kota Kendari. Acara dilanjutkan dengan pemaparan PMK Nomor 244 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian BMN yang disampaikan oleh Unggul Aji Mulyo dan dilanjutkan dengan pemaparan PMK Nomor 218 Tahun 2013 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang Menteri Keuangan yang telah dilimpahkan kepada Pejabat di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Untuk dan Atas Nama Menteri Keuangan Menandatangani Surat dan atau Keputusan Menteri Keuangan yang dipaparkan oleh I Nyoman Guna.

Setelah pemaparan kedua PMK tersebut, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Iwan Victor Leonardo. Sesi tanya jawab ini adalah sesi yang sangat ditunggu-tunggu oleh satker terbukti banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh satker terkait permasalahan pengelolaan BMN yang berkaitan dengan wasdal dan pelimpahan wewenang dalam pengelolaan BMN. Satker yang begitu antusias di antaranya berasal dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sultra, Balai Das Sampara Kendari, Kepolisian Daerah Sultra, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kendari, Pengadilan Negeri Kendari, Balai Karantina Prov. Sultra dan Korem 03 Haluoleo Kendari.

Antusias satker dalam acara ini diapresiasi Kepala Seksi PKN saat menutup sosialisasi ini. “Mari kita awasi dan tertibkan pengelolaan BMN di lingkungan kerja kita untuk meningkatkan kinerja satker dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing Kementerian Lembaga”, tutup pria berbintang Libra ini. ( I Nyoman Guna/Misran Rauf/edited/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini