Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
FGD Peningkatan Kapasitas RCE dan Konferensi Pers APBN Sulawesi Tenggara
Hardi Umar
Selasa, 01 Agustus 2023   |   36 kali

Kendari – Bertempat di Aula Kanwil DJPB Sulawesi Tenggara diadakan rangkaian kegiatan ALCo Regional yang diselenggarakan Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Tenggara tanggal 26-27 Juli 2023.

Kegiatan tersebut diawali dengan FGD “Peningkatan Kapasitas RCE” acara dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJPb, Syarwan, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang Peningkatan Kapasitas RCE. Setelah pemaparan dan pembahasan materi dilanjutkan diskusi dan tanya jawab yang sangat menarik.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan agenda rapat ALCo dan Konferensi Pers yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Eselon II Kementerian Keuangan Sulawesi Tenggara, yaitu Kepala Kanwil  DJPb Sulawesi Tenggara, Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Kepala Kanwil DJBC Sulbagsel, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, serta perwakilan dari Kantor Pusat DJPb.

Direktur Sistem Perbendaharaan DJPb, Ludiro menjelaskan kinerja APBN sampai dengan semester I tahun 2023 sangat positif dalam menjaga stabilitas ekonomi dan melindungi masyarakat. Pendapatan Negara secara Nasional sampai dengan 30 Juni 2023 tercapai Rp1.407,9 triliun (57,2 persen dari target), belanja negara sebesar Rp1.255,7 triliun (41 persen dari pagu) dan surplus APBN Rp152,3 triliun (0,71 persen dari PDB).

Syarwan, Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Sulawesi Tenggara dalam paparannya menjelaskan perkembangan perekonomian Provinsi Sulawesi Tenggara mengalami pertumbuhan ekonomi yang membaik, inflasi terkendali dan indikator kesejahteraan mengalami perbaikan. Untuk kinerja APBN regional Sulawesi  Tenggara di bulan Juni 2023 menunjukkan capaian yang baik didukung kinerja pendapatan yang kuat serta diimbangi belanja yang terjaga dengan baik.

Selanjutnya, Arif Bintarto Yuwono, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar menjelaskan bahwa DJKN melalui KPKNL Kendari turut memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah melalui pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan setoran PNBP. Di Sulwesi Tenggara sendiri DJKN melalui KPKNL Kendari mengelola BMN senilai Rp33,20 triliun dengan kontribusi PNBP yang dihasilkan dari nilai BMN ini pada semester I tahun 2023 adalah sebesar Rp4,16 milliar.” Ungkapnya

 

Setoran PNBP dari pengelolaan BMN tersebut, bukanlah tugas dan fungsi yang utama, namun mengoptimalisasi penggunaan dan penatausahaan fungsi BMN untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, memberikan pelayanan masyarakat, termasuk penyediaan fasilitas infrastruktur yang digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.  Di samping itu, DJKN melalui KPKNL Kendari pada layanan lelang juga memberikan dukungan kepada UMKM untuk memasarkan produk-produk UMKM khas Sultra agar makin dikenal secara luas.

 

Para awak media cetak dan online diakhir acara diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab tentang perkembangan perekonomian regional Sulawesi Tenggara.

(Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini