Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Penyerahan Sertipikat Tanah BMN : Jaminan Kepastian Hukum Untuk Aset Pemerintah
Ziha Rahmani
Sabtu, 29 April 2023   |   75 kali

Kendari - KPKNL Kendari yang diwakili langsung oleh Kepala Kantor, Adi Suharna menghadiri kegiatan serah terima Sertipikat Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah hasil pelaksanaan program sertipikasi BMN berupa tanah di Provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa (11/04). Bertempat di Aula Kantor BWSS IV Kendari tanggal 11 April 2023, sebanyak 36 (tiga puluh enam) Sertifikat Hak Pakai (SHP) diserahterimakan oleh Andi Rhenald Kepala Kanwil BPN Provinsi Sultra kepada Agus Sapari selaku Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) IV Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Dalam sambutannya Adi menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang terjalin selama ini antara KPKNL Kendari, BWSS IV selaku pihak Pengguna BMN, dan Kantor Pertanahan di setiap Kota/Kabupaten. Mulai dari proses pemetaan BMN berupa tanah yang perlu diterbitkan sertipikat, hingga terbitnya sertipikat BMN berupa tanah tanah, sehingga setiap tahun target sertipikasi BMN berupa tanah dapat tercapai.

 

Adi juga menyampaikan rencana kerja terkait penyelesaian target sertifikasi tahun 2023, “agar seluruh satuan kerja kembali menginventarisir aset BMN berupa tanah untuk selanjutnya dilaksanakan identifikasi permasalahan yang mungkin ada serta menyiapkan dokumen beserta updating data pada Monserah SIMAN (Monitoring Sertipikasi Tanah Sistem Informasi Manajemen Aset Negara) agar bisa dilakukan sertifikasi baik tahun 2023 atau 2024” ujarnya.

 

Selanjutnya, Andi Rhenald menyampaikan bahwa serah terima sertipikat ini merupakan hasil kerjasama yang baik dari pihak KPKNL Kendari dengan pihak pengguna, termasuk juga dengan Kantor Pertanahan disetiap Kota/Kabupaten. Semua pihak menyelesaikan target dengan sangat antusias dan responsif, dikarenakan sertipikasi ini merupakan jaminan kepastian hukum untuk aset pemerintah agar tidak timbul masalah terkait kepemilikan dikemudian hari. 

 

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Kantor Pertanahan Konawe Selatan, Kepala Kantor Pertanahan Bombana, Kepala Kantor Pertanahan Konawe, Kepala Kantor Pertanahan Kolaka, dan Kepala Kantor Pertanahan Kolaka Timur. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini