Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura > Berita
Berkah Ramadhan, KPKNL Jayapura Berhasil Lelang Rp1 Milyar di Atas Limit
N/a
Rabu, 31 Juli 2013   |   950 kali

Jayapura – Bulan Ramadhan adalah memang bulan penuh berkah bagi manusia beriman yang selalu berusaha untuk memperoleh keberkahan itu. Hal ini tergambar dari hasil pelaksanaan lelang eksekusi Hak Tanggungan oleh KPKNL Jayapura pada 19 Juli 2013. Pelaksanaan lelang atas permohonan PT. BRI (Persero) Cabang Merauke tersebut memperoleh hasil yang terbilang fantastis, bahkan mungkin merupakan rekor baru bagi KPKNL Jayapura dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Dengan kenaikan harga lelang mencapai Rp1 Milyar adalah merupakan capaian yang signifikan dari segi nilai.

“Capaian hasil lelang ini adalah merupakan berkah bulan Ramadhan bagi KPKNL Jayapura” ujar Pejabat Lelang Iwan Susanto saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan lelang tersebut. Sebelumnya, telah dilaksanakan lelang terhadap obyek yang sama, namun tidak ada peminat. Setelah dilaksanakan lelang kedua yang pelaksanaannya bertepatan dengan bulan Ramadhan ternyata laku terjual, bahkan mendapat hasil yang maksimal.

Lebih lanjut, Mas Iwan demikian sapaan akrab pejabat lelang yang bertubuh subur itu, menyampaikan bahwa capaian hasil lelang ini diperoleh dari persaingan yang cukup sengit antara peminat lelang. Walaupun peserta lelang hanya berjumlah tiga orang, namun dengan persaingan yang fair antar peserta lelang, dan kompetisi yang sehat serta keberkahan bulan Ramadhan, diperolehlah hasil lelang yang optimal. Dari nilai limit sebesar Rp2,67 Milyar, setelah terjadi kompetisi harga penawaran yang sengit antar peserta lelang, dicapai harga pokok lelang sebesar Rp3,67 Milyar. Terjadi kenaikan harga lelang sebesar Rp1 Milyar yang semula tidak disadari peserta lelang.

Dengan adanya tambahan hasil pelaksanaan lelang ini,  maka target lelang KPKNL Jayapura pada tahun 2013 telah terlampaui. Dari target sebesar Rp4,2 Milyar, sampai minggu ketiga Juli telah tercapai Rp5,4 Milyar. Di sisi lain, peningkatan nilai jual lelang ini juga meningkatkan penerimaan negara, baik Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Bea Lelang, maupun penerimaan negara di sektor pajak yaitu PPh Final pelaksanaan lelang barang tidak bergerak. Di samping itu, pemerintah daerah juga memperoleh Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

(Penulis : Agus Susanto, Foto : Elifati Zendrato)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Jayapura, Lantai 4, Jalan Ahmad Yani No.8, Gurabesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua 99111
(0967) 534641
-
kpknljayapura@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini