Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura > Berita
Press Conference APBN Kita Februari 2022
Febri Maruli Sitompul
Kamis, 17 Maret 2022   |   134 kali

Jayapura – Selasa (15/3) , Kemenkeu Satu Papua menggelar Press Conference APBN Kita Provinsi Papua yang biasa disebut "APBN Torang" di Aula Lantai 8 Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura dengan pemberlakuan protokol kesehatan. Acara Press Conference dihadiri empat pejabat dari Kemenkeu Satu Papua diantaranya Kepala Kanwil DJKN Papabaruku Nikodemus Sigit Rahardjo sebagai perwakilan DJKN khusus Papua, Kepala Kanwil DJPB Papua sekaligus Kepala Perwakilan Kemenkeu Papua, Burhani A. S. sebagai perwakilan DJPB Papua, Kepala KPPBC TMP C Jayapura Edy Susanto sebagai perwakilan DJBC Provinsi Papua dan Kabid P2 Humas Kanwil DJP Papua, Papua Barat, dan Maluku Tirta sebagai perwakilan DJP Provinsi Papua.

 

Agenda utama kegiatan Press Conference kali ini yaitu membahas Realisasi APBN Provinsi Papua Tahun 2021 dan Realisasi APBN Provinsi Papua Tahun 2022 s.d. bulan Februari 2022.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Papua mengawali penjelasan secara garis besar realisasi pendapatan dan belanja negara di Provinsi Papua dan selanjutnya diikuti oleh penjelasan dari masing pimpinan Kemenkeu Satu Papua yang lain mulai dari penjelasan rincian PNBP, Perpajakan, serta Kepabeanan dan Cukai.

 

Nikodemus Sigit Rahardjo sebagai perwakilan DJKN Provinsi Papua menjelaskan sisi Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), Pengurusan Piutang Negara (PN) serta pelaksanaan lelang yang ada di Provinsi Papua. Ia menyampaikan bahwa dari sisi PNBP Pengelolaan BMN, total keloaan aset di Papua sampai 10 Maret 2022 sebesar Rp.97,74 T dengan capaian PNBP per Februari 2022 sebesar Rp.2,49 M. PNBP dari Biaya Administrasi Pengurusan PN sebesar Rp.2.800.000,00 serta PNBP dari pelaksanaan Lelang per Februari 2022 yang telah dicapai sebesar Rp.408.041.000,00. ”Beberapa upaya yang kami lakukan sebagai unit vertikal DJKN yaitu sosialisasi pemanfaatan BMN dengan pengoptimalan melalui media daring dan dari sisi pelaksanaan lelang sendiri kami juga mengupayakan koordinasi dengan pihak perbankan khususnya lelang eksekusi, memasyarakatkan www.lelang.go.id kepada publik disetiap kesempatan kegiatan publik”, ujar Nikodemus mengakhiri penjelsannya.

 

Di akhir kegiatan, tim media dan wartawan lokal Papua yang diundang ke dalam kegiatan press conference tersebut berkesempatan memberikan beberapa pertanyaan mengenai APBN Kita di Provinsi Papua.

 

Kegiatan press conference APBN Kita Provinsi Papua yang dilakukan secara berkala di depan wartawan ini menunjukkan bahwa Kementerian Keuangan khususnya Kemenkeu Satu Provinsi Papua hadir untuk melakukan edukasi kepada masyarakat di tanah Papua sekaligus sebagai bentuk transparansi tentang perkembangan APBN di provinsi Papua.

 



Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Jayapura, Lantai 4, Jalan Ahmad Yani No.8, Gurabesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua 99111
(0967) 534641
-
kpknljayapura@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini