Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta II > Berita
IHT Sebagai Upaya Peningkatan Integritas pada KPKNL Jakarta II
Didit Prasetyo
Senin, 14 Agustus 2023   |   48 kali

KPKNL Jakarta II telah melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) yang diselenggarakan pada Hari Jumat, tanggal 11 Agustus 2023 pada pukul 07.00 s.d. 12.00 WIB bertempat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kegiatan dibuka oleh Kepala KPKNL Jakarta II, M. Arif Setywantika dan dilanjutkan dengan masuk ke materi IHT dipimpin oleh  pengajar dari Pusdiklat Kepemimpinan dan Manajerial yaitu Bapak Moch. Arief Risman (Widyaiswara Ahli Madya) dan Bapak Kusuma Aji Nugraha (Widyaiswara Ahli Pertama). 

Kegiatan IHT diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Jakarta II bersama pengajar/Fasilitator dari Pusdiklat Kepemimpinan dan Manajerial dengan mengambil tema “ASN BerIntegritas dan BerAkhlak siap sukseskan Zona Integritas WBK Tahun 2023. Dalam kegiatan IHT ini terdapat beberapa games yang dilakukan, diantaranya adalah Game Bingo Card, Game Pembagian Kelompok, Game Berbaris Mengikuti Instruksi, Game Menyusun Puzzle, Game Berbaris dengan Balon dan Game Kolaborasi Angka.  

Keseluruhan game yang dimainkan dalam IHT ini merupakan game yang bermakna untuk meningkatkan integritas pegawai KPKNL Jakarta II. Selain itu, tujuan dari game ini juga untuk membuat peserta IHT lebih mengenal lebih dekat satu sama lain. Dari permainan-permainan yang disajikan oleh fasilitator, dapat dimaknai dengan pemahaman bahwa saling mengenal rekan kerja itu penting dan merupakan dasar untuk bisa bekerja bersama dan bersinergi dengan baik. 

Game Bingo Card menimbulkan kesadaran dalam diri masing-masing pegawai seberapa jauh sudah mengenal rekan kerjanya dan adanya kesadaran untuk lebih mengenal secara pribadi lebih dalam lagi dari rekan kerjanya. Dalam melaksanakan pekerjaan harus fokus dalam menerima instruksi dan mengerjakannya secara cepat dan tepat (efektif dan efisien). Setiap pegawai mempunyai peran dan tanggung jawab dalam mencapai tujuan kantor. Kesalahan dari satu anggota kelompok atau salah satu pegawai akan berdampak pada pencapaian tujuan kantor. Kekompakan dalam kelompok sangat diperlukan dalam bekerja bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditentukan.  

Kekompakan tidak hanya perlu dibangun dalam satu kelompok saja, tetapi juga perlu dibangun antar kelompok. Satu unit punya satu tujuan yang harus dibangun dan diselesaikan bersama-sama oleh semua kelompok. Saling berusaha melakukan yang terbaik, meninggalkan tempat dalam kondisi terbaiknya akan memudahkan penerusnya untuk segera mencapai satu tujuan bersama. Sinergi sangat diperlukan dalam mencapai tujuan bersama. Setiap pegawai harus membangun interaksi yang menciptakan keseimbangan dan keharmonisan agar dapat bergerak bersama-sama untuk menghasilan sesuatu yang optimal. Fokus pada peran/tugas masing-masing, melaksanakan dan memposisikan diri sebaik mungkin dalam bekerja bersama, serta saling peduli dengan rekan kerja dalam pencapaian tujuan merupakan hal-hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Secara keseluruhan, IHT ini dapat dimaknai dengan peningkatkan kompetensi seluruh pegawai serta terwujudnya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi pada KPKNL Jakarta. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kesepahaman dan kerja sama yang semakin erat dalam membangun kemajuan pada KPKNL Jakarta II.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini