Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Berita
Semarak 114 Tahun Lelang, DJKN Gandeng Pelaku UMKM
Fia Malika Sabrina
Kamis, 24 Maret 2022   |   151 kali

            Jakarta – 114 Tahun Lelang berjalan di Indonesia, Tahun ini Direktorat Jenderal kekayaan Negara (DJKN) gandeng para pelaku UMKM diseluruh Indonesia. Hari ini (24/3) DJKN menyelenggarakan gebyar lelang UMKM sebagai puncak acara 114 Tahun lelang Indonesia yang dirangkai sekaligus pencanangan Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) Tahun 2022 dengan mengusung tema “Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini serentak diikuti oleh seluruh unit vertikal di seluruh Indonesia yang artinya para pelaku UMKM dari sabang hingga merauke dapat mengikuti gebyar lelang melalui masing-masing KPKNL terdekat di wilayahnya. Selain itu, tentunya hal ini berkolaborasi dengan berbagai pihak yaitu Perbankan, para Pembina UMKM, Balai Lelang dan para pejabat lelang.

                Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto dalam sambutannya mengatakan bahwa momen 114 Tahun Lelang Indonesia ditandai dengan diundangnya vendu regleement pada tanggal 28 Februari 1908 sebagai dasar hukum penjualan secara lelang di Indonesia. “Sebagai puncak acara, dilakukan gebyar lelang dan pencanangan kedai lelang UMKM Tahun 2022 dimana tema kegiatan ini sejalan dengan Presidensi G20 yaitu dengan semangat 114 Tahun lelang mari bersama kita dorong pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia”, pungkasnya.

                Selain itu, Joko juga melaporkan bahwa dalam gebyar lelang UMKM ini diberikan fleksibilitas lelang salah satunya dengan lelang tanpa jaminan dan terdapat fitur khusus produk UMKM pada website lelang.go.id yang telah tersedia template, formulir dan video mengenai pengajuan lelang sehingga memudahkan para pelaku UMKM nantinya dalam mengajukan permohonan lelangnya.

                Pada kesempatan berikutnya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban juga menyampaikan bahwa kegiatan lelang telah mendorong serta mewarnai perekonomian nasional melalui penjualan barang yang mencerminkan fungsi publik dan privat. DJKN memiliki visi menjadi pengelolaan kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Demi mencapai visi tersebut DJKN mengemban misi mewujudkan lelang yang efisien, transparan dan akuntabel, adil dan kompetitif, sebagai instrument jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat. Salah satu manifestasi visi dan misi DJKN tersebut adalah portal lelang.go.id , sebuah layanan one stop services berbasis teknologi informasi.

                Sesuai arahan Presiden Indonesia, program pemberdayaan UMKM perlu dilaksanakan secara terarah dan terkoordinasi. Sinergi dan kontribusi aktif seluruh elemen pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung UMKM sehingga join program pemberdayaan UMKM Kemenkeu yang diselenggarakan menjadi wujud nyata salah satunya adalah kegiatan gebyar lelang UMKM dan kedai lelang UMKM. Selain pemetaan potensi peran UMKM dalam pemberdayaan UMKM , terdapat berbagai terobosan yang dapat kita lakukan bersama demi merealisasikan kegiatan join program. Terobosan dimaksud antara lain harmonisasi strategi antara instansi vertikal Kemenkeu, kolaborasi dan sinkronisasi program pemberdayaan UMKM, serta konsolidasi data dan informasi. Adanya Join program nantinya mampu  meningkatkan sinergi dan efektivitas kemenkeu dalam melayani dan menyalurkan bantuan pemberdayaan bagi UMKM, sehingga tercipta nilai perekonomian UMKM yg lebih besar.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini