Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Berita
FGD Administrator Triwulan IV 2021, Perkuat Sinergi dalam Menghadapi Tantangan dan Peran Presidensi G20
Basri
Kamis, 02 Desember 2021   |   125 kali

Jakarta – “Forum G20 merupakan forum multilateral dalam meningkatkan kerja sama di sektor ekonomi dan keuangan terhadap agenda global strategis seperti penguatan ketahanan ekonomi, pemulihan ekonomi, industry revolution 4.0,  transformasi digital, perpajakan internasional, pembangunan berkelanjutan, penguatan sistem kesehatan, dan lainnya”, kalimat tersebut diambil dari salah satu materi dalam pelaksanaan Forum Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan IV Tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap triwulan ini guna mendukung program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan untuk Kementerian Keuangan yang semakin baik. FGD ini dilaksanakan secara daring melalui media zoom dan dihadiri oleh seluruh pegawai di KPKNL Jakarta I pada Selasa (30/11).

            Pada kesempatan ini, Kepala KPKNL Jakarta I, Wildan Ahmad Fananto membawakan materi FGD dengan tema “Kemenkeu Bersinergi Membangun Negeri” dan “Presidensi G20 Indonesia 2022”. Pada materi yang pertama disampaikan bahwa dalam rangka Indonesia 2045 Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur serta dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, Bersatu, berdaulat, adil dan makmur maka pemerintah pada tahun 2019 telah menyusun Visi Indonesia Tahun 2045 dengan empat pilar utama, yaitu pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, pemantapan ketahanan nasional dan tata Kelola kepemerintahan.

            “DJKN merupakan salah satu jumlah yang banyak karena memiliki instansi vertikal yang tersebar diseluruh Indonesia, sehingga saat ini tantangan dalam pembangunan ekonomi yaitu sinergi. Bagaimana dalam lingkup DJKN sendiri memperkuat sinergi dan kolaborasi yang baik sehingga dapat dilanjutkan diteruskan ke jenjang antar eselon”, pungkas Wildan. Oleh karena itu dalam menghadapi tantangan tersebut harus dilakukan peningkatan sinergi Kementerian Keuangan dan kolaborasi, mewujudkan keselarasan dan akselerasi serta menjadi role model sinergi yang nyata untuk negeri.

            Disisi lain, dalam Presidensi G20 Indonesia pada Tahun 2022 memiliki beberapa peran dan manfaat presidensi G20 Indonesia. Presidensi G20 merupakan amanat UUD 1945 dimana turut melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dalam hal ini Indonesia juga memastikan G20 berkontribusi secara konkret mengatasi tantangan pandemic Covid-19 melalui Kerjasama ketersediaan vaksin dan crisis resilience di masa depan. Selain itu dalam Presidensi G20 juga dapat mendorong perekonomian di Indonesia, menggairahkan sektor pariwisata dan jasa, etalase kesuksesan pembangunan, etalase penyaksikan kemajuan program vaksinasi dan sistem kesehatan Indonesia serta meningkatkan jumlah wisatawan dan investasi. (FMS – Dok. Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini