Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta I > Berita
Rekonsiliasi PNBP Bea Lelang
Aziza Yuniarti
Jum'at, 28 Desember 2018   |   312 kali

Demi akuratnya pelaporan bea lelang, KPKNL Jakarta I melakukan rekonsiliasi bea lelang di beberapa kantor cabang pegadaian. Rabu s.d. Jumat 19 s.d. 21 Desember 2018, KPKNL Jakarta I mengunjungi PT Pegadaian cabang Kramat, Salemba dan Senen. Kegiatan bulanan ini dilakukan dalam rangka sinkronisasi data bea lelang antara kantor pegadaian dengan KPKNL supaya pelaporan PNBP yang bersumber dari bea lelang akurat dan wajar. 

Dalam kegiatan tersebut KPKNL Jakarta I diwakili oleh Kepala Subbagian Umum, Yenny, beserta 2 orang staf yaitu Meyga Kurnia Ikawati selaku Bendahara Pengeluaran dan Kartika Widya Kirana. Turut hadir pula dalam acara tersebut yaitu Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Aziza Yuniarti, beserta 2 orang staf yaitu Zahrina Ratnasari selaku Bendahara Penerimaan dan Sena Mahesa Wicaksana. Sedangkan dari pihak pegadaian diwakili oleh Nia selaku Penaksir.

Pada kesempatan tersebut, sinkronisasi dilakukan untuk periode 1 s.d. 30 November 2018. Diawali dengan berbincang singkat mengenai bagaimana proses rekonsiliasi biasa dilakukan. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Nia, proses rekonsiliasi biasa dilakukan secara online melalui aplikasi SIMPONI, dimana KPKNL bisa memonitor berapa bea lelang yang sudah dilaporkan dari masing-masing kantor cabang pegadaian yang ada di wilayahnya. Adapun terkait daftar kantor cabang pegadaian yang ada di wilayah KPKNL dapat dilihat pada buku yang telah diterbitkan oleh Direktorat Lelang. Lebih lanjut Nia menyampaikan, terkadang sistem yang digunakan mengalami error sehingga sistem tidak dapat melakukan pemutakhiran atas data yang telah diinput. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan berkas rekonsiliasi bea lelang dari pihak pegadaian ke pihak KPKNL Jakarta I. (Teks: Sena Mahesa Wicaksana & Kartika Widya Kirana, foto: Sena Mahesa Wicaksana)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini