Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Pertahankan Pelayanan Prima, KPKNL Bekasi Gandeng Bank BJB Sebagai Tolok Ukur Service Excellence.
Irfan Zuhdy
Kamis, 21 Juli 2022   |   133 kali

Bekasi – Dalam rangka untuk terus mempertahankan pelayanan prima, KPKNL Bekasi mengundang Supervisor Bank BJB KCP Kebayoran Lama, Neneng Anggreyni sebagai narasumber dalam tema kegiatan Service Excellence. Kegiatan ini diadakan pada Rabu, 20 Juli 2022 di ruang aula rapat KPKNL Bekasi dengan dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Bekasi. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Bekasi, Linda Susanti yang mengucapkan terima kasih atas peserta yang telah hadir hari ini, khususnya Neneng Aggreyni yang akan menjadi narasumber hari ini. Linda Susanti turut menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pelayanan prima pada KPKNL Bekasi yang akan dijelaskan lebih lanjut oleh Neneng Aggreyni, sehingga diharapkan seluruh pegawai KPKNL Bekasi dapat mengambil pelajaran berharga untuk dapat diterapkan di KPKNL Bekasi untuk ke depannya. Kegiatan juga diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan mengingat gelombang covid-19 kembali tinggi.

Supervisor Bank BJB KCP Kebayoran Lama, Neneng Anggreyni menjelaskan bahwa tugas utama perbankan dan pemerintah memiliki kesamaan, yakni pelayanan kepada masyarakat. Meskipun layanan yang diberikan sangat berbeda, namun inti dari layanan tersebut adalah memberikan pelayanan yang terbaik sehingga masyarakat memiliki kepuasannya sendiri setelah berkunjung. “Dalam menuju pelayanan prima, dapat kita pastikan bahwa setidaknya terdapat 4 hal yang harus diperhatikan, pertama  penampilan, kedua  SLA (service level agreement), ketiga senyum salam sapa, keempat kebersihan ruangan”, ujarnya.

Dalam penjelasannya, penampilan bermaksud untuk memberikan efek kejut pandangan pertama kepada pengunjung, sehingga saat pengunjung datang sudah diberikan kesan pertama yang baik. Berkaitan dengan SLA, Bank BJB selalu mempersiapkan front liner untuk selalu memperhatikan masalah utama pada pengunjung dan dapat memiliki pengambilan keputusan yang cepat terhadap permasalahan tersebut, baik dapat diselesaikan secara langsung maupun harus dieskalasikan secara cepat untuk memangkas waktu. SLA juga harus Kemudian terkait senyum, salam, sapa, Neneng Aggreyni menyampaikan bahwa setiap front liner di Bank BJB memiliki standar dalam memperlakukan pengunjung sebagai orang yang terhormat dan selalu berusaha untuk memposisikan diri sebagai pengunjung atau yang disebut dengan empati, sehingga pengunjung dapat merasakan dirinya dihargai. Lebih lanjut, berkaitan dengan kebersihan ruangan, bekerja baik, giat dan penuh konsistensi adalah dampak dari ruang bekerja yang bersih. Ruangan yang bersih membuat setiap pegawai dapat bekerja dengan tenang dan nyaman sehingga pikiran-pikiran negatif hilang saat bekerja di kantor.

Neneng Aggreyni dalam penutupnya, turut menambahkan bahwa pelayanan prima juga bermula dari sikap baik security atau petugas keamanan, mengingat wajah pertama suatu kantor pelayanan adalah petugas keamanan. Bank BJB selalu mengadakan training terjadwal terhadap petugas keamanan yang dillakukan setiap 2 atau 3 minggu sekali untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi ini juga dibarengi dengan pemberian reward kepada petugas keamanan yang dapat menjalankan pelayanan layaknya pelatihan.

Pada akhir kegiatan, Linda Susanti berpesan kepada seluruh pegawai untuk tetap terus memiliki rasa pelayanan kepada masyarakat sehingga layanan yang diberikan dapat maksimal dan memberikan kesan terbaik kepada masyarakat. Perlu diingat kembali bahwa setiap pelayanan yang dilakukan tetap mengikuti nilai-nilai dan budaya Kementerian Keuangan.

 

Teks, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini