Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Pacu Kinerja Hingga Akhir Tahun, KPKNL Bekasi Mengutamakan Efektivitas dan Efisiensi Kerja Dalam DKO Kanwil DJKN Jawa Barat.
Irfan Zuhdy
Rabu, 13 Juli 2022   |   84 kali

Bekasi – Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Kanwil DJKN Jawa Barat dilakukan pada Selasa 12 Juli 2022 pukul 13.30 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring atau online melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini memiliki 3 (tiga) agenda, yakni Reviu Capaian Kinerja Kanwil DJKN Jawa Barat Triwulan II Tahun 2022, Pemaparan IKU yang belum hijau, dan Evaluasi Capaian tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perwakilan KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja hingga Triwulan II dan diskusi guna menemukan solusi atas kendala atau permasalahan yang mempengaruhi pencapaian target KPKNL. KPKNL Bekasi dalam kegiatan tersebut diwakili langsung oleh Kepala KPKNL Bekasi Dirmanti Jaya, Kepala Seksi PKN Harry Prasetya, Kepala Subbagian Umum Titi Purwanti, Kepala Seksi Hukum dan Informasi Mukimin, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Linda Susanti, dan Kepala Seksi Piutang Negara Risma Br Sinaga.

DKO tersebut dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi Kanwil DJKN Jawa Barat, Iskandar yang mengatakan bahwa terima kasih atas kehadiran seluruh perwakilan KPKNL di wilayah Jawa Barat untuk kegiatan ini. “Dapat kami sampaikan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Kanwil saat ini adalah 108,58%, dimana memang masih terdapat 2 IKU merah dan 2 IKU kuning, sedangkan ada 12 IKU hijau”, ujarnya. Lebih lanjut, Iskandar menambahkan agar masing-masing KPKNL untuk terus memberikan komitmennya agar ke empat IKU yang masih belum hijau dapat terpenuhi dalam Triwulan III maupun Triwulan IV tahun ini.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho mengatakan bahwa capaian IKU ini harus diselesaikan bersama, sehingga segala kendala atau permasalahan yang menjadi penyebab tidak tercapainya suatu IKU harus dievaluasi. Kepala Bidang Piutang Negara Kanwil DJKN Jawa Barat, Indra S mengatakan bahwa target kinerja Piutang Negara semakin challenging. “Khusus untuk KPKNL Bekasi, target kinerja tahunan untuk tahun 2022 sudah tercapai seluruhnya di Triwulan II ini”, ujarnya. Kemudian, Indra S menambahkan agar seksi piutang negara terus berkomitmen untuk selalu bersinergi guna menyelesaikan target kinerja tahunan. Tavianto Noegroho memberikan kesempatan kepada masing-masing KPKNL untuk memaparkan kinerjanya hingga Triwulan II. “memang untuk beberapa KPKNL saya pahami memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing, sehingga proses pencapaian kinerja pasti dengan pendekatan dan strategi yang berbeda pula”, ujarnya. Lebih lanjut, Tavianto Noegroho menjelaskan khusus untuk kinerja Piutang Negara, perlu dilakukan profiling terhadap setiap BKPN dengan menyeluruh hingga menemui kebuntuan berupa debitur tidak ditemukan atau tidak diketahui tempat tinggalnya, sehingga proses administrasi dapat terus berjalan.

Kepala KPKNL Bekasi, Dirmanti Jaya dalam paparannya menjelaskan bahwa KPKNL Bekasi meraih NKO sebesar 113,07%. Berkaitan dengan target IKU PNBP Aset diketahui masih dibawah target kinerja di mana target IKU ini merupakan salah satu kelemahan dari KPKNL Bekasi. “hingga saat ini secara proyeksi terhadap IKU PNBP Aset sampai akhir tahun disinyalir hanya akan mencapai nilai 1,4  Miliar dari total target 5 Miliar’, ujarnya. Lebih lanjut, KPKNL Bekasi melalui tiap seksinya terus mengupayakan secara intensif untuk melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait guna tetap mencari kesempatan dan peluang terpenuhinya IKU PNBP Aset. “Berkaitan dengan IKU Persentase BMN Disertipikatkan, hingga saat ini total 175 target baru tercapai 19, namun pada prinsipnya atas hasil koordinasi  hanya perlu didorong sedikit untuk sampai di p3 maupun p4 di triwulan berikutnya”, ujarnya. Dirmanti Jaya menegaskan bahwa akan terus mengutamakan efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian kinerja untuk memaksimalkan potensi yang tersedia.

Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Jawa Barat, Didith Andreas Andiana, dalam tanggapannya atas kinerja KPKNL Bekasi, mengatakan bahwa KPKNL Bekasi yang dibantu oleh Kepala Seksinya, Harry Prasetya, memiliki proyeksi yang biasanya out of the box dimana target kinerja yang sebelumnya disinyalir tidak terpenuhi, menjadi terpenuhi di detik akhir.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho juga memberikan perhatian khusus tidak hanya terhadap capaian kinerja seluruh bidang, tetapi juga terhadap hal-hal yang seharusnya menjadi wewenang Kanwil DJKN Jawa Barat untuk tidak dilakukan oleh KPKNL, mengingat resiko yang melekat pada hal-hal tersebut. Tavianto Noegroho juga menegaskan komitmennya untuk terus mendorong dan membantu kinerja KPKNL untuk mengeskalasikan dan berkoordinasi dengan Kantor Pusat DJKN, serta stakeholder setingkat terkait guna menghilangkan hambatan yang selama ini menjadi kendala.

 

Teks, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini