Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KPKNL Bekasi kembali berbagi pengalaman dan sharing Season menghadapi TPN Kemanpan RB
Asnul
Selasa, 09 November 2021   |   339 kali

Bekasi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali meminta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi untuk memberikan tips, berbagi pengalaman dan sharing season dalam menghadapi Tim Penilai Nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (TPN Kemenpan RB) pada proses  Satuan Kerja (Satker) dibawah Kemendikbud Ristek untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah  Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK/WBBM). Kegiatan sharing season tersebut dilaksanakan pada Selasa, 02/11 pukul 19.00 WIB secara virtual yang diikuti oleh sekitar 60 satker dengan 120 participant dan Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi Linda Susanti yang didampingi oleh Asnul dan M. Affid.

Yudi Pramudianto sebagai Koordinator Tim Pembangunan ZI WBK/WBBM pada Kemendikbud Ristek mengawali acara tersebut dengan meminta maaf kepada Tim WBK WBBM karena acara sharing season ini dilaksanakan pada malam hari, serta menyampaikan terima kasih karena ini merupakan kedua kalinya meminta kepada KPKNL Bekasi untuk berbagi tips dan pengalaman (Baca berita KPKNL Bekasi Sharing Knowledge dan Berbagi Pengalaman Raih Predikat WBK/WBBM di Hadapan 93 Satker Kemendikbud Ristek. Tayang pada portal DJKN tanggal 25 Agustus 2021). Yudi juga menyampaikan bahwa saat ini Satker dibawah Kemendikbud Ristek tengah menjalani penilaian langsung oleh TPN Kemenpan RB, bahkan sebanyak tiga puluh satker telah selesai menjalani penilaian, dan masih terdapat 60  satker yang akan menjalani evaluator, oleh karena itu Yudi mengatakan bahwa masih diperlukan tips, trik dan berbagi pengalaman dari Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi.

Sebagai Koordinator tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi Linda menyampaikan syukur bahwa satker-satker Kemendikbud Ristek telah lolos dan sampai pada tahap penilaian langsung oleh TPN KemenpanRB. selanjutnya Linda mengatakan bahwa pada tahapan evaluator ini tentunya satker telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan pada saat “kunjungan” TPN seperti bahan tayang, profil kantor dan lain-lain. Selanjutnya Linda juga memaparkan materi yang berisikan persiapan sebelum penilaian dan saat pelaksanaan penilaian. Linda juga menyarankan agar satker yang telah selesai menjalani penilaian dapat berbagi pengalaman terutama tentang pertanyaan yang diajukan oleh tim penilai,  dan pada prisnsipnya agar satker mempersiapkan seluruh jajaran untuk menyambut tim penilai dengan penuh optimis, dan Linda juga mengatakan bahwa saat ini lebih efektif jika dilakukan diskusi langsung sambil setiap satker dapat melakukan kroscek terhadap kesiapannya.

Selanjutnya Yudi meminta kepada peserta zoom malam itu untuk melakukan diskusi dan bertanya langsung kepada tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi terkait hal-hal yang perlu diketahui. Benar saja, pada sesi ini perwakilan dari masing-masing satker silih berganti betanya tentang berbagai hal terkait kondisi pada saat berlangsungnya penilaian oleh tim TPN Kemenpan RB, yang langsung direspon oleh Linda Susanti berserta timnya.

Diujung acara malam itu Yudi meminta agar Linda memberikan closing statement yang dapat membangkitkan semangat bagi satker-satker Kemendikbud Ristek yang akan mengikuti penilaian. Yudi menyampaikan apresiasi kepada tim WBK WBBM KPKNL Bekasi yang telah dua kali memberikan dukungan dan berbagi pengalaman yang sangat diperlukan dan bermanfaat  oleh kemendikbud ristek.

Pada closing statement Linda mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemendikbud Ristek kepada KPKNL Bekasi untuk melakukan mentoring pada proses satker yang berada di Kemendikbud Ristek dalam proses penilaian menuju ZI WBK WBBM. Linda berpesan agar pada Pelaksanaan penilaian para satker dapat bersikap tenang dan meyakini bahwa TPN bukan dalam kapasitas sedang memberikan ujian sehingga harus takut, namun TPN bertugas untuk mengklarifikasi dan meyakinkan bahwa apa yang telah dibangun untuk menjadi unit kerja yang bersih dari korupsi dan unit kerja yang bersih dan melayani memang layak dan telah dilaksanakan dalam masa persiapan penilaian. sebagai penutup Linda mendoakan agar semua satker dibawah Kemendikbud Ristek sukses meraih predikat ZI WBK WBBM.

 

Teks, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini