Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KPKNL Bekasi Sharing Knowledge ZI/WBK-WBBM dengan Puspeka
Asnul
Selasa, 28 September 2021   |   116 kali

Bekasi - Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) merupakan sebuah unit organisasi baru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang saat ini tengah mengikuti proses penilaian guna meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK). Terkait hal tersebut, Puspeka mengulurkan sinergi kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi untuk berbagi pengalaman dan kiat-kiat sukses KPKNL Bekasi dalam meraih predikat ZI-WBK/WBBM. Menyambut dengan baik permintaan dari Puspeka tersebut, maka Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi melakukan sharing knowledge pada hari Selasa (21/09), yang dimulai pada pukul 10.00 WIB secara virtual dan diikuti oleh seluruh jajaran Puspeka.

Kepala Subbagian Umum Puspeka Diana pada pembukaannya terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi. Ia pun memperkenalkan bahwa Puspeka merupakan unit kerja yang baru diresmikan pada tahun 2019, yang saat ini tengah ikut dalam proses penilaian guna meraih predikat ZI-WBK dan telah lolos dalam penilaian tahap awal. Oleh karena itu, Diana mengharapkan agar Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi dapat berbagi pengalaman, ilmu, serta tips dan trik dalam proses penilaian tersebut.

Koordinator Tim Kerja WBK/WBBM Linda Susanti yang juga merupakan Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan saat ini sedang menjabat sebagai Plt. Kepala Kantor terlebih dahulu memperkenalkan Agen Perubahan Asnul dan Sekretaris Tim Kerja M. Affied yang mendampinginya. Ia memberikan apresiasi kepada Puspeka karena meskipun merupakan unit kerja baru, tetapi Puspeka terpilih untuk berkompetensi guna meraih predikat ZI-WBK.

Selanjutnya, Linda menyampaikan bahwa hal utama yang harus dilakukan adalah membangun komitmen dan tanggung jawab dari semua elemen unit kerja. Kemudian, Linda menerangkan tentang hakikat pembangunan ZI-WBK/WBBM, kriteria penetapan WBK/WBBM, kerangka pembangunan ZI-WBK/WBBM, manajemen perubahan yang meliputi pembentukan tim kerja, hingga strategi menuju WBK/WBBM.

Linda memberikan contoh tentang adanya Program Budaya pada KPKNL Bekasi yang merupakan salah satu elemen dari strategi menuju WBK/WBBM saat KPKNL Bekasi tengah menjalani proses penilaian. Linda menyampaikan bahwa KPKNL Bekasi memiliki beberapa kegiatan yang yang menjadi bagian dari Program Budaya, antara lain: Galang Semangat Pagi, Model, Repeat, Literasi, dan Rabu Cendekia, dimana masing-masing kegiatan memiliki Agen Perubahan yang bertanggung jawab terhadap kegiatan tersebut. Linda juga mengatakan dan menerangkan tentang pentingnya pengembangan inovasi yang memberikan kemudahan pelayanan kepada stakeholders.

Kemudian, Linda mengatakan hal yang tak boleh dilupakan yaitu manajemen media, perlunya monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan secara berkala, persiapan menghadapi penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN) yang meliputi kelengkapan dokumen, persiapan bahan presentasi, dan simulasi penilaian. Mengakhiri paparannya, Linda mengatakan bahwa sesuai dengan moto Puspeka “Cerdas Berkarakter” dengan ditunjang oleh pegawai-pegawai yang milenial, maka Puspeka telah memiliki modal penting dalam proses penilaian yang akan dihadapi selanjutnya. Linda optimis dan berharap agar Puspeka sukses meraih predikat ZI-WBK.

Tim kerja WBK Puspeka sangat responsif terhadap paparan yang disampaikan oleh Linda, yang terlihat pada sesi tanya-jawab. Banyak pertanyaan dan permintaan penjelasan tentang berbagai hal seputar proses penilaian WBK yang mereka ajukan, yang tentunya juga mendapat tanggapan dan respons langsung dari tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi berdasarkan pengalaman-pengalaman yang pernah dijalani. Waktu dua jam yang disediakan pun tak terasa berlalu dengan cepat.

Sebagai penutupan, Kepala Subbagian Umum Puspeka Diana kembali mengucapkan terima kasih atas ilmu dan pengalaman dari KPKNL Bekasi. Diana mengatakan bahwa paparan dan penjelasan yang disampaikan oleh Tim KPKNL Bekasi sangat bermanfaat dan dapat dijadikan contoh oleh Puspeka. Ia pun berharap Puspeka dapat mengikuti jejak KPKNL Bekasi yang telah sukses meraih predikat ZI-WBK/WBBM.

 

Teksi, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini