Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
FGD Triwulan III: Buka Mata, Buka Hati, Siapkan Diri Hadapi Perubahan
Asnul
Sabtu, 18 September 2021   |   153 kali

Bekasi – Selasa, 14 September 2021, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan III Tahun 2021, dengan materi “Menuju Kemenkeu Government 4.0” yang disampaikan oleh Plt. Kepala Kantor Linda Susanti. FGD yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan KPKNL Bekasi ini dilaksanakan secara daring (online) dimulai pada pukul 15.15 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan memberikan pemahaman/persepsi pegawai terhadap arahan dan/atau kebijakan yang disampaikan oleh pimpinan di lingkungan Kemenkeu, serta membahas mengenai Ruang Kerja Masa Depan (RKMD)  Kemenkeu agar setiap pegawai dapat membuka hati dan menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan.

FGD dibuka oleh Kepala Subbagian Umum Titi Purwanti yang mengharapkan agar seluruh jajaran KPKNL Bekasi memperhatikan materi yang akan disampaikan oleh plt. kepala kantor.

Plt. Kepala Kantor Linda Susanti terlebih dahulu membahas mengenai RKMD Kemenkeu. Linda mengatakan bahwa pada era globalisasi diharapkan setiap pegawai harus melek teknologi, terbuka terhadap perubahan, dan berorientasi pada pembelajaran. Hal utama yang perlu ditransformasikan adalah bagaimana mengelola manusia dan mindset yang menyesuaikan dengan perubahan teknologi dan budaya kerja dengan proses pekerjaan yang lebih ringkas.

Linda juga menyampaikan prinsip dasar RKMD, yakni kebijakan delayering yang modern, harmonisasi, optimalisasi dan evaluasi, penyempurnaan kebijakan manajemen talenta, IT sebagai enabler, proyek based team, dan tidak ada lagi penyekatan.

Lebih lanjut, Linda menyampaikan pesan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, bahwa Pejabat Administrator harus menjadi teladan (role mode), memiliki inisiatif, memastikan tidak ada pegawai yang tertinggal dalam implementasi Ruang Kerja Masa Depan, dan harus bersedia berbagi data, ruang kerja, dan bertukar SDM.

Dalam kesempatan tersebut, Linda juga menyampaikan bahwa untuk mencapai Kemenkeu yang unggul harus dilakukan dengan Learning Organization. Adapun komponen dari Learning Organization antara lain Strategi Implementasi Learning Organization dengan sepuluh komponennya, peran pejabat Administrator dan pegawai dalam implementasi Learning Organisation, Kerangka Kerja integritas Kemenkeu, dan lain-lain.

Linda mengatakan bahwa setiap pegawai harus mempersiapkan diri dan harus menyesuaikan dengan kondisi digitalisasi serta perubahan mengikuti arus globalisasi, membangun dan meningkatkan budaya belajar dan berkomitmen untuk terus menggali potensi diri, dan terus-menerus mengikuti kemajuan dengan terus belajar.

Sebagai closing statement, Titi Purwanti mengatakan bahwa pegawai Kemenkeu khususnya jajaran KPKNL Bekasi harus berkarakter dan melek teknologi, terbuka terhadap perubahan, dan terus belajar sesuai arahan dari pimpinan. Titi juga berharap agar jajaran KPKNL Bekasi mampu memberi warna pada Kemenkeu demi masa depan yang unggul.

 

 

Teks, Editor dan Foto : Tim Humas KPKNL Bekasi dan Clara 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini