Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Kakanwil DJKN Jabar Lakukan Kunjungan Kerja Virtual ke KPKNL Bekasi
Asnul
Kamis, 16 September 2021   |   134 kali

Bekasi - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ( Kanwil DJKN) Jawa Barat Tavianto Noegroho beserta para pejabat Kanwil DJKN Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi. Kunjungan kerja untuk melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan yang sekaligus untuk meningkatkan tali silaturahmi tersebut dilaksanakan secara virtual pada hari Senin, 13/09, dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh seluruh jajaran KPKNL Bekasi.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan doa oleh pegawai Seksi Pelayanan Lelang Arief Budiyono yang dilanjutkan dengan kata pengantar dan penyampaian laporan kerja oleh Plt. Kepala KPKNL Bekasi Linda Susanti. Linda terlebih dahulu melaporkan kondisi Sumber Daya Manusia (SDM), capaian kinerja terkait penerimaan negara, produktivitas lelang, pelaksanaan anggaran, dan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) periode berjalan.

Pada sambutannya, Kakanwil yang terkenal ramah tersebut terlebih dahulu menyapa dan berbincang-bincang dengan penuh akrab bersama seluruh jajaran KPKNL Bekasi. Tavianto meminta agar jajaran KPKNL Bekasi bersabar dan berdoa agar kondisi dapat segera kondusif dan kurva penyebaran virus Covid-19 segera semakin melandai, dan sementara ini cukup puas bertemu hanya secara virtual. Tavianto menegaskan agar seluruh jajaran KPKNL Bekasi tetap konsisten memelihara kesehatan, terutama terkait penularan virus Covid-19 yang sampai saat ini masih belum selesai. Ia pun mengingatkan agar jangan lengah pada protokol kesehatan. Tavianto juga menambahkan bahwa reputasi kantor tergantung dari diri kita masing-masing, Oleh karena itu, setiap pegawai harus menjaga integritas, saling mengingatkan, dan menjaga sinergi dalam melaksanakan tugas.

Sesi berikutnya adalah presentasi dari masing-masing kepala seksi dan kepala subbagian umum yang meliputi materi tentang SDM, capaian kinerja, permasalahan/kendala yang dihadapi, serta rencana-rencana yang akan dilaksanakan. Presentasi tersebut langsung mendapat tanggapan dan solusi serta diskusi dari masing-masing pejabat Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat yang terkait di bidangnya masing-masing.

Secara umum, para pejabat memberikan apresiasi terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh KPKNL Bekasi. Permasalahan utama yang dihadapi oleh KPKNL Bekasi adalah kurangnya SDM sebagai penunjang pelaksanaan tugas. Saat ini, KPKNL Bekasi hanya memiliki satu orang Juru Sita Piutang Negara, yakni Mukimin yang kebetulan juga merupakan Kepala Seksi Hukum dan Informasi. Selain jumlah SDM yang kurang, juga masih terdapat beberapa capaian kinerja yang belum maksimal atau kuning dan merah, seperti pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Seksi Pelayanan Lelang, yang ditanggapi dengan diskusi yang disampaikan oleh kepala seksi terkait.

Tidak hanya dilakukan oleh seksi pelayanan, presentasi capaian kinerja juga disampaikan oleh seksi supporting, seperti Subbagian Umum, Seksi Hukum dan Informasi, dan Seksi Kepatuhan Internal, Terkait permasalahan SDM dan kendala yang dihadapi oleh masing-masing seksi juga langsung mendapat tanggapan dan solusi dari Kakanwil dan para pejabat terkait. Sama halnya seperti di unit pelayanan, unit supporting juga telah melakukan tugas dengan maksimal di tengah keterbatasan SDM.

Tavianto secara umum memberi apresiasi atas kinerja yang telah dicapai oleh semua unit di KPKNL Bekasi. Terhadap capaian kinerja yang masih merah, Tavianto memberi arahan agar dapat tetap diupayakan dengan maksimal dan menjalin sinergi dengan satuan kerja terkait untuk memberikan hasil yang maksimal. KPKNL Bekasi juga harus memaksimalkan sumber daya yang ada. Tavianto selanjutnya mengingatkan bahwa predikat ZI-WBK/WBBM yang telah diraih tidak boleh hanya berhenti pada usaha mendapatkannya, tetapi jajaran KPKNL Bekasi harus tetap menjaga komitmen untuk mempertahankannya. Sebagai penutup kegiatan kunjungan kerjanya, Tavianto kembali mengingatkan jajaran KPKNL Bekasi untuk selalu menjaga kesehatan, terutama protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19 serta berbagai penyakit lainnya. Tavianto pun berjanji jika kondisi sudah memungkinkan akan berkunjung langsung ke KPKNL Bekasi.

Pada akhir acara, Linda Susanti sebagai Plt. Kepala Kantor menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil dan seluruh pejabat yang turut menyertai kunjungan kerja Kakanwil. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kakanwil serta Bapak dan Ibu para pejabat Kanwil. Dengan kedatangan Bapak dan ibu, kami dapat mengukur, mengevaluasi, dan memonitor kinerja yang telah dilakukan oleh semua unit. Kami juga memperoleh solusi atas permasalahan yang kami hadapi,” ujar wanita berhijab tersebut mengakhiri acara kunjungan kerja dan silaturahmi Kakanwil.

Acara tersebut ditutup dengan sebuah pantun oleh pegawai Seksi Hukum dan Informasi Asnul selaku pembawa acara dan diakhiri dengan pemutaran video yel-yel KPKNL Bekasi yang mendapat aplaus dari partisipan Zoom Meeting.

 

Teks, Editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini