Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Dialog Virtual dengan Menteri Keuangan: Pembangkit Semangat Melawan Covid-19
Asnul
Senin, 05 Juli 2021   |   150 kali

Lonjakan angka kasus positif Covid-19 yang terjadi dari hari ke hari belakangan ini semakin meningkat pesat, tak terkecuali terjadi juga di lingkungan Kementerian Keuangan. Semakin hari pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) semakin banyak yang terpapar virus tersebut. Hal ini mendapat perhatian khusus dari para pejabat bahkan Menteri Keuangan, dimana Menteri Keuangan memberikan waktu khusus untuk menyapa dan berdialog dengan para bawahannya yang terpapar Covid-19 dan tenaga kesehatan serta satgas Covid-19 di Kemenkeu. Dialog yang mengusung tema “Kemenkeu Bersatu Bangkit dari Pandemi” ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting pada hari Jumat, 2 Juli 2021, pukul 15.45 WIB s.d. 18.00 WIB yang diikuti oleh lebih dari 700 orang partisipan.

Acara dialog tersebut diawali dengan laporan dari Biro Sumber Daya Manusia (Biro SDM) yang menerangkan tentang peningkatan pesat kasus positif aktif di lingkungan Kemenkeu dan data kasus konfirmasi aktif yang menjalani isolasi di Kemenkeu, rumah, rumah sakit, dan di penginapan, terhitung hingga tanggal 2 Juli 2021.

Selanjutnya ialah acara inti, yakni dialog Menteri keuangan dan Wakil Menteri Keuangan dengan tenaga kesehatan, tim satgas Covid-19 Kemenkeu, dan perwakilan para pegawai yang terpapar Covid-19. Pada sesi ini bertindak sebagai moderator ialah Sekretaris Jenderal Keuangan (Setjen) Heru Pambudi, Heru Pambudi melaporkan kepada Menteri keuangan dan Wakil Menteri Keuangan bahwa seluruh pegawai Kemenkeu khususnya yang terpapar Covid-19 tentunya ingin berdialog dan menyampaikan keluhannya kepada Menteri Keuangan. Namun, karena keterbatasan waktu dan banyaknya pegawai, maka panitia memilih beberapa perwakilan pegawai, tenaga kesehatan, dan satgas yang memperoleh kesempatan untuk berdialog langsung dengan Menteri Keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang ramah dan keibuan tersebut mendengarkan keluhan jajarannya dan bertanya dengan penuh perhatian, hingga menanyakan tentang keluarga pegawai, memberikan support, menanamkan semangat, dan mengingatkan agar selalu patuh pada protokol kesehatan dan menjaga keluarga masing-masing. Tidak lupa ia juga menitipkan salam untuk keluarga masing-masing pegawai.

Begitu juga kepada tim satgas yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pertolongan kepada pegawai yang terpapar, dengan sabar Sri Mulyani mendengarkan pengalaman mereka, dan memberikan empati kepada tim satgas yang juga terpapar dalam tugasnya dan turut menegaskan kata-kata dari Doni, satgas yang terpapar bahwa kalo kita takut kita lemah, dan jika terlampu berani, maka kita akan lengah. Sri Mulyani mengingatkan agar tim satgas jangan lengah dan tetap patuh pada prokes ketat dalam melaksanakan tugas. Bu Menteri mengatakan bahwa tim satgas tengah mendapatkan pekerjaan yang berat dengan semakin banyaknya pegawai yang terpapar sementara tempat isolasi yang tersedia terbatas. Kepada tim tenaga kesehatan, Sri Mulyani mengatakan akan memenuhi apa yang diperlukan dalam penanganan pegawai yang membutuhkan,

“Pertemuan dan perhatian” yang diberikan oleh Sri Mulyani ini merupakan angin segar yang menyejukkan dan diharapkan mampu menambah imun dan semangat bagi pegawai, tim satgas, dan tenaga kesehatan, Apalagi ketika Sri Mulyani menyanyikan sebait lagu yang membakar semangat. “Kita harus sehat dan semangat, ini adalah masa yang berat. Kita harus saling mendukung, saling men-support menghadapi situasi ini dan kita berharap situasi berat ini akan segera berlalu. Mari bersama kita melawan Covid-19 ini, jangan ada kata menyerah,” kata Sri Mulyani membangkitkan semangat.

Menutup acara dialog tersebut, Heru Pambudi melaporkan kepada Menteri Keuangan bahwa acara ini selain diikuti melalui Zoom, juga diikuti oleh lebih dari 3.000 pegawai Kemenkeu melalui kanal Youtube. Heru Pambudi juga mengatakan akan mem-follow up arahan yang disampaikan oleh Menteri Keuangan terkait hal-hal yang diperlukan untuk semakin meningkatkan kebutuhan pelayanan penanganan pegawai yang terpapar Covid-19.

Salam sehat dan tetap semangat.

 

 

 

Teks, edit dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini