Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Tim Kerja WBBM KPKNL Bekasi berbagi ilmu di “Internalisasi Reformasi Birokrasi Direktorat SMK”
Asnul
Selasa, 13 April 2021   |   148 kali

Bekasi - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengajukan permohonan untuk bersinergi bersama KPKNL Bekasi dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman pada proses penilaian untuk memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK/WBBM).  Menyambut baik hal tersebut, Tim Kerja WBBM KPKNL Bekasi menghadiri dan menjadi narasumber pada acara Internalisasi Reformasi Birokrasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan  pada hari Selasa, 30 Maret 2021 bertempat di Hotel Permata Bogor yang diikuti oleh Direktur SMK Kemendikbud beserta jajarannya dan  Biro Organisasi dan Tatalaksana (Ortala) Kemendikbud.

Pada sambutannya, Direktur SMK M. Bakrun menyampaikan terima kasih kepada Tim KPKNL Bekasi yang telah memenuhi undangan mereka. “Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi lintas kementerian untuk membangun Zona Integritas dan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, oleh karena itu kami berharap Tim dari KPKNL Bekasi yang telah sukses meraih predikat ZI WBK/WBBM dapat berbagi pengalaman dan ilmu kepada kami yang akan menjalani proses pembangunan ZI WBK/WBBM pada tahun 2022” ujar Direktur SMK tersebut.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Bekasi sebagai koordinator tim Kerja WBK/WBBM menyampaikan  proses penilaian yang telah dijalani oleh KPKNL Bekasi. Selanjutnya Linda menerangkan tentang 6 Area Perubahan  dan Strategi yang dilaksanakan. Linda juga menjelaskan perlunya dibentuk tim kerja dan agen perubahan sebagai motor penggerak yang melaksanakan tugas-tugas yang telah ditentukan. Linda menekankan bahwa hal utama yang perlu dibangun adalah adanya komitmen dari seluruh jajaran, mulai dari pimpinan sampai level terbawah bahkan termasuk petugas keamanan dan pramubhakti.

Agen Perubahan Affid Diena yang mendampingi Linda Susanti turut melengkapi dengan menyampaikan pentingnya peranan pendukung yakni pengembangan inovasi. Affid menyatakan bahwa KPKNl Bekasi telah mengembangkan beberapa inovasi dalam proses penilaian WBK/WBBM. Inovasi tersebut bertujuan untuk memudahkan layanan kepada masyarakat, mempersingkat waktu pelayanan, dan memberikan kepastian waktu penyelesaian layanan.

Selanjutnya Linda Susanti Kembali menyampaikan bahwa selain komitmen yang melibatkan semua jajaran, diperlukan juga adanya kesadaran dan kerja sama dari semua pihak serta membangun hubungan yang  baik dengan stakeholder karena stakeholder juga turut memberikan andil atas penilaian tersebut. Di akhir paparannya, Linda juga menyampaikan harapannya semoga Direktorat SMK sukses meraih predikat ZI WBK/WBBM.

Pada penutupannya Direktur SMK M. Badrun mengucapkan terima kasih dan berharap jajara Timnya dapat memahami dan menerima transfer knowledge yang telah disampaikan oleh KPKNL Bekasi serta dapat juga mengikuti jejak KPKNL Bekasi yang sukses meraih predikat WBK/WBBM.

 

 

Teks, Editor dan Foto : Humas KPKNL Bekasi dan Tim KI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini