Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Sharing Knowledge Inovasi, Sinergi “mereunah” KPKNL Bekasi dan KPKNL Cirebon
Asnul
Sabtu, 10 April 2021   |   172 kali

Bekasi - Memenuhi undangan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon sekaligus untuk menjalin silaturahmi dan sinergi, KPKNL Bekasi melakukan sharing Knowledge terkait pengembangan inovasi. Sharing Knowledge tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 07/04 bertempat di ruang rapat KPKNL Cirebon yang dihadiri oleh Kepala Kantor, Tim Kerja Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) serta Agen Perubahan KPKNL Cirebon. Sedangkan KPKNL Bekasi diwakili oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal (Kasi KI) sebagai kordinator Tim Kerja WBK WBBM beserta Tim Inovasi. 

Kepala KPKNL Cirebon Dwi Wahyudi mengawali kata sambutannya dengan mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi. "Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi "mereunah" / kompak Kanwil Jabar dalam berbagi ilmu untuk meningkatkan kinerja dan layanan unit kerja di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat. Kami berharap Tim KPKNL Bekasi dapat berbagi ilmu khususnya tentang pengembangan inovasi, dan selanjutnya semoga KPKNL Cirebon dapat melahirkan inovasi-inovasi yang memberikan manfaat dan nilai tambah kepada organisasi dan pengguna layanan" Ujar Dwi.

Pada kesempatan itu Kasi KI KPKNL Bekasi Linda Susanti terlebih dahulu memperkenalkan Tim Inovasi yang mendampinginya yakni Aditio Wahyudi dan M Affid Diena. Linda menegaskan bahwa salah satu point penting dalam penilaian pembangunan ZI WBK WBBM adalah adanya inovasi dalam setiap Area Pembangunan. Dengan adanya inovasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan juga untuk memberikan kemudahan bagi pengguna layanan. “Kegiatan sharing ini juga menunjukkan sinergi kita dan saling berbagi pengalaman serta bentuk dukungan kami agar KPKNL Cirebon dapat meraih predikat WBK tahun 2021 ini” kata Linda mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya M Affid Diena menjelaskan inovasi unggulan KPKNL Bekasi dalam meraih  WBBM di tahun 2020, yaitu Aplikasi Layanan Pasca Lelang (ALASCA) dan Sistem Informasi Monitoring Capaian Iku (SIM-KU). ALASCA merupakan aplikasi yang berorientasi eksternal untuk memberikan kemudahan bagi pengguna layanan dalam memperoleh layanan pasca lelang. Sedangkan SIM-KU merupakan aplikasi internal untuk memberikan kemudahan monitoring dan evaluasi capaian kinerja dan menjadi nilai tambah bagi unit kerja. SIM-KU dikembangkan dengan menggabungkan spreadsheet dan Google Datastudio untuk menampilkan dashboard data analisisnya.

Selanjutnya Aditio Wahyudi yang juga merupakan Agen Perubahan KPKNL Bekasi menjelaskan terkait implementasi Google Datastudio untuk presentasi dan dashboard kinerja pimpinan. Aditio yang juga merupakan pengembang ALASCA menyampaikan bahwa KPKNL Cirebon juga mempunyai aplikasi sejenis yaitu TEMON. Dengan mengembangkan aplikasi tersebut dengan Google Datastudio maka KPKNL Cirebon juga dapat mempresentasikan dashboard monitoring dan evaluasi kinerja yang efisien.

Pada penutupan acara Kasi KI KPKNL Cirebon Nanang Setiono menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim KPKNL Bekasi atas sharing Knowledge  tentang pengalaman pada proses penilaian menuju WBK WBBM khususnya berbagi ilmu atas pengembangan inovasi Alasca dan SIM-KU. “Kiranya dengan kegiatan ini, KPKNL Cirebon semakin termotivasi dengan  semangat yang telah ditularkan oleh KPKNL Bekasi sehingga KPKNL Cirebon dapat memperoleh juga predikat ZI WBK tahun 2021 ini", kata Nanang menutup kegiatan sharing Knowledge.

 

 

 

Teks, Editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi dan Tim WBBM

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini