Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
“Selasi” Menu Baru dari KPKNL Bekasi
Asnul
Kamis, 15 Oktober 2020   |   155 kali

 

Bekasi – Selasi merupakan akronim dari “Selasa Akuntansi bersama KPKNL Bekasi”. Selasi adalah sebuah kegiatan knowledge sharing yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi Hamim Mustofa yang berkaitan dengan akuntansi pemerintahan, terutama akuntansi yang terkait dengan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), yaitu akuntansi  aset negara. Pada Selasi tanggal 28 September 2020, Hamim Mustofa menyampaikan knowledge sharing dengan tema akutansi aset tetap. Acara yang dilaksanakan melalui daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meetings diikuti oleh beberapa jajaran KPKNL Bekasi yang tertarik dengan akuntansi pemerintahan.

Bagai tak kehabisan ide, KPKNL Bekasi selalu menggali kreativitas yang bermanfaat untuk menciptakan suatu inovasi. Sebagaimana beberapa inovasi dan kegiatan kreativitas sebelumnya, Selasi juga merupakan sebuah inovasi yang sangat bermanfaat, karena Selasi dapat menambah pengetahuan tentang akuntansi pemerintahan.

Selasi sendiri merupakan gagasan dari Kepala Kantor untuk memaksimalkan pemanfaatan waktu bagi jajaran KPKNL Bekasi di tengah pandemi ini. Selasi  pertama kali diadakan pada bulan Agustus 2020. Supaya tidak mengganggu pelaksanaan kegiatan rutin KPKNL Bekasi, Selasi diadakan setiap hari Selasa sore. Ketika memulai kegiatan setiap hari Selasa ini, Hamim tidak mengharuskan seluruh jajaran KPKNL untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hamim hanya mengatakan kegiatan ini dipersilakan untuk diikuti oleh yang berminat saja. Namun seiring berjalannya waktu, Selasi  menjadi salah satu kegiatan Zoom meeting yang ditunggu oleh jajaran KPKNL Bekasi, bahkan Selasi juga diikuti oleh jajaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Negara (KPPN) Bekasi dan mantan pegawai On The Job Traning (OJT) yang pernah bertugas di KPKNL Bekasi.

Pada Selasi Selasa, 2 Oktober 2020 Hamim mengusung tema tentang akutansi aset tetap. Kepiawaian Hamim dalam menjelaskan akutansi aset tetap tersebut memang tak perlu diragukan lagi, mengingat Hamim telah lama berkecimpung dalam hal pengurusan akutansi keuangan pemerintah.

Pada awal-awal Selasi, Hamim menjelaskan mengenai gambaran umum dan kerangka konseptual akuntansi pemerintahan. Kemudian, pada Selasi berikutnya Hamim menjelaskan mengenai akuntansi aset tetap. Karena banyaknya materi, maka akuntansi aset tetap harus dibahas pada beberapa sesi Selasi. Tiba pada materi revaluasi aset tetap, Hamim yang sebelumnya bertugas di Direktorat Barang Milik Negara (BMN) membagi pengalaman pada saat awal-awal melakukan persiapan pelaksanaan revaluasi BMN pada penghujung tahun 2016.

Hamim mengatakan bahwa sebagai pegawai Kementerian Keuangan, jajaran KPKNL Bekasi selain mengerti dan memahami seluk-beluk keuangan negara dan kekayaan negara, juga sangat diharapkan mengerti dan memahami akuntansi dan pelaporan keuangan, karena muara dari pengelolaan kekayaan negara adalah terbentuknya laporan keuangan sebagai laporan pertanggungjawaban yang disusun setiap tahun anggaran. Selain itu, Selasi ini juga menjadi salah satu bentuk dari leader participation dalam rangka learning organization pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

 

Teks, edit dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini