Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Meski Berkeringat, Tim Penilai KPKNL Bekasi Tetap Bersemangat Beri Nilai Aset Dalam 43 Kontainer
Dasril
Jum'at, 15 Desember 2017   |   177 kali

Bekasi - Memenuhi permohonan penilaian dari Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (KPU BC) Tanjung Priok, tim penilai KPKNL Bekasi melaksanakan survei lapangan atas objek penilaian tersebut pada Selasa (12/12/2017).

Berlokasi di Tempat Penimbunan Pabean Bea dan Cukai (TPP BC), di Jalan Dry Port Boulevard Cikarang, Kabupaten Bekasi, objek penilaian disimpan di dalam 43 container yang berisi  batang rotan, log kayu, bubuk zeolite dan batu kromium. Objek penilaian tersebut merupakan barang ekspor  yang ditegah oleh pihak KPU BC Tanjung Priuk dan dinyatakan sebagai barang yang dikuasai negara (Aset yang berasal dari eks-Kepabeanan dan Cukai). Permohonan penilaian mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 240/PMK.06/2012 tentang Tata Cara Pengelolaan Barang Milik Negara yang Berasal dari Aset Eks-Kepabeanan dan Cukai.

Sesuai ketentuan dalam penilaian, Tim penilai mengamati, mencatat  dan mendokumentasikan melalui foto setiap objek penilaian untuk selanjutnya jadi dasar analisa perhitungan nilai. Pelaksanaan survei lapangan ini didampingi Kepala Seksi Penimbunan KPU BC Tanjung Priuk, Juni Ismanto, serta pihak Balai Lelang Fortune selaku pengelola Barang yang Dikuasai Negara tersebut. Juni Ismanto menyampaikan informasi lebih lanjut mengenai jenis,  spesifikasi, dan jumlah objek penilaian. Berdasarkan informasi tersebut Tim Penilai yang terdiri dari lima pegawai melakukan analisa lebih lanjut dan kemudian dituangkan dalam laporan penilaian. Hasil penilaian akan jadi dasar penjualan barang tersebut melalui lelang yang akan dimohonkan ke KPKNL Bekasi.

Di tengah terik matahari siang, Tim Penilai berkeringat menyusuri lapangan penimbunan untuk memeriksa setiap container secara detil untuk memastikan fisik barang dan dokumen permohonan lengkap dan sesuai objek penilaian. Kepala KPKNL Bekasi, Partolo, hadir menyaksikan setiap proses survei lapangan atas objek penilaian yang khas ini. Widiyantoro, Kepala Seksi Penilaian, selaku ketua tim penilai menyampaikan bahwa penilaian kali ini merupakan tantangan tersendiri bagi tim penilai karena objek penilaian yang khas. “Meskipun objek penilaian ini bagi kami adalah hal baru, akan tetapi kami yakin bisa menyelesaikan permohonan penilaian sesuai ketentuan berlaku,” ujarnya. "Proses penilaian akan mengacu pada perhitungan Nilai Wajar objek penilaian sesuai pendekatan data pasar," pungkas Widiyantoro menyudahi pelaksanaan survei lapangannya. (Teks dan Foto: Aenul, Seksi HI KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknlbekasi@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini