Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung > Artikel
Aksi Sosial SJB Community
Dewi Lestuti Ambarwati
Selasa, 23 November 2021   |   351 kali

        Aksi Sosial SJB Community

        Bersepeda, bukanlah hanya sekadar hobi atau olahraga semata. Namun lebih dari itu, melalui bersepeda dapat mempererat tali silaturahmi dan menggerakkan ekonomi lokal. Bahkan bersepeda bisa jadi sebagai ajang dalam meningkatkan kepedulian sosial.

 Sekilas SJB Community

        SJB Community, sebuah komunitas para penghobi sepeda di Kanwil DJKN Sumsel, Jambi, dan Babel (SJB) dan KPKNL Palembang, dibentuk sejak tahun 2019. Jauh sebelum tren bersepeda menjadi booming semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia, bersepeda bagi anggota SJB Community sudah menjadi kebiasaan. Secara rutin setiap Selasa dan Jumat pagi, sebelum jam kerja dimulai, SJB Community menjalankan aktivitasnya, bersepeda menyusuri jalanan Kota Palembang nan asri. Bahkan beberapa pegawai menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi menuju kantor (bike to work).

        SJB Community sendiri dibentuk dan digagas oleh beberapa pegawai Kanwil DJKN SJB. Berawal dari obrolan ringan di warung kopi selepas bersepeda keliling Kota Palembang, sembari menyantap makanan khas Kota Palembang, tercetus untuk dibentuk wadah bagi para penghobi sepeda di Kanwil DJKN SJB. Bukan hanya pegawai Kanwil DJKN SJB saja, namun beberapa pegawai dari KPKNL Palembang pun bergabung dengan SJB Community.

        SJB Community, yang beranggotakan para pegawai Kanwil DJKN SJB dan KPKNL Palembang, memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan latar belakang bukanlah menjadi halangan, namun menjadi sebuah kekuatan dalam menumbuhkan rasa persaudaraan sesama anggotanya.

 Manfaat Bersepeda

        Manfaat bersepeda tidak hanya sekedar untuk rekreasi atau sebagai alat transportasi belaka, tetapi juga baik bagi kesehatan tubuh. Dengan bersepeda secara rutin, dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari stres hingga serangan jantung. Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Hal inilah yang menjadikan sepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa (https://www.alodokter.com).

Selanjutnya, sebagaimana dilansir dalam https://www.alodokter.com, beberapa manfaat bersepeda bila dilakukan secara rutin antara lain:

1.     Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

        Bersepeda dapat mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah, dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan kinerja sistem kardiovaskular yang baik, risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

2.     Menjaga kesehatan otot dan sendi

        Bersepeda dapat memperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan, dan bahu. Tak hanya itu, bersepeda juga baik untuk persendian dan telah terbukti bermanfaat bagi penderita osteoartritis.

3.     Menjaga berat badan

        Bersepeda dapat menjaga berat badan tetap ideal, karena mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Bersepeda selama 1 jam saja dapat membakar setidaknya 600 kalori.

4.     Menurunkan tingkat stres

        Saat bersepeda, tubuh akan menurunkan kadar hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, di dalam tubuh. Tak hanya itu, melihat dan menikmati pemandangan saat bersepeda juga dapat menurunkan stres yang dialami.

5.     Menurunkan risiko terjadinya diabetes dan kanker

        Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

        Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, bersepeda juga bisa jadi ajang dalam meningkatkan kepedulian sosial dan sebagai sarana perekat bangsa. Bahkan, kegiatan bersepeda juga dapat memberikan dampak positif dalam menggerakkan ekonomi lokal, misalnya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dan tempat-tempat kuliner.

 Aksi Sosial SJB Community

        Bagi insan DJKN, November merupakan bulan yang bersejarah, karena tepat tanggal 1 November 2006 DJKN lahir. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan baik di tingkat pusat maupun kantor vertikal, ikut menyemarakkan lahirnya DJKN, mulai dari perlombaan, webinar, maupun kegiatan positif lainnya. Dalam rangka memperingati HUT ke - 15 DJKN ini, SJB Community melakukan kegiatan sosial, berbagi dengan panti asuhan.

        Sebagai salah satu penggagas berdirinya SJB Community, penulis menginisiasi kegiatan sosial ini. Aksi sosial dilaksanakan dengan mengunjungi Panti Asuhan Pelangi yang berlokasi di Jalan Way Hitam Palembang  pada pagi hari Jumat 19 November 2021.

        Penulis berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk kepedulian sosial dalam mewujudkan nilai-nilai sosial kultural dan perekat bangsa sebagai ASN Kemenkeu, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.

 

(Penulis: Ahmad Rustandi - Kepala Seksi Penilaian I Kanwil DJKN SJB)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini