Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta > Berita
Coaching Program for New Exporters (CPNE), Kolaborasi Kemenkeu Majukan UMKM Provinsi Jawa Tengah
Unggul Aji Mulyo
Rabu, 31 Mei 2023   |   204 kali

Semarang – 416.615 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang terdaftar di Provinsi Jawa Tengah, merupakan daerah dengan UMKM yang terbanyak se-Indonesia. UMKM-UMKM tersebut selama bulan Januari sampai dengan November 2022 telah berhasil membukukan nilai ekspor sebesar US $10.347 Milyar. Nilai yang cukup fantastis meningat Indonesia sedang bergelut dengan pandemi COVID-19. Seperti itulah pembukaan yang disampaikan oleh Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, atau akrab disapa Ani, pada saat Membuka Acara Pelatihan CPNE (Coaching Program for New Exporter) yang diselenggarakan pada Selasa (29/05).

 

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jawa Tengah, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Haryanta, memaparkan dalam sambutannya peran sentral UMKM dan koperasi dalam menggerakan Provinsi Jawa Tengah. “DISPERINDAG selalu mendukung kemajuan UMKM pada Provinsi Jawa Tengah, salah satu caranya dengan rutin menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini”, papar Haryanta.

 

Ani juga menambahkan bahwa pararel dengan kegiatan usaha UMKM dan Koperasi menuju ke gerbang global, DJKN juga memiliki wadah untuk dapat digunakan pelaku usaha UMKM untuk memasarkan produknya secara lokal. “Kami (DJKN) juga menyiapkan lelang.go.id sebagai wadah Saudara sekalian untuk memasarkan secara lokal. Bersama Special Vehicle Mission (SMV) Kemenkeu, yaitu LPEI, kami dari pemerintah akan terus mengupayakan yang terbaik untuk kemajuan UMKM ke pasar Internasional.”, tambah Ani.


Acara pelatihan selanjutnya dibagi menjadi beberapa sesi pemaparan. Pemaparan Mengenai Bisnis Ekspor, Menentukan Harga Ekspor, dan Korespondensi Ekspor dipaparkan oleh FTA Semarang. Peserta silih berganti merespon dan memberikan pertanyaan kepada narasumber untuk mendapat pencerahan yang terbaik. (Penulis: Unggul AM)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini