Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Berita
Bersama-Sama Mengamankan Kekayaan Negara
N/a
Senin, 28 April 2014   |   770 kali

Jakarta - Demikian disampaikan Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Try Intiaswati memberikan arahan pada rapat koordinasi program sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah tahun 2014 di hadapan lebih dari 70 orang peserta yang hadir dari berbagai instansi (22/04). “Jangan sampai  kekayaan negara kita  diambil alih oleh orang-orang yang tidak berhak, kita harus mempunyai tujuan yang sama yaitu mengamankan kekayaan negara,” ujar Try.

Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) beserta para Kepala Seksi di Bidang PKN Kanwil DJKN DKI Jakarta, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi, Kepala Kepala KPKNL Jakarta I s.d. V, perwakilan dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional  (BPN) DKI Jakarta, perwakilan dari Kantor Pertanahan di wilayah DKI Jakarta, serta perwakilan  dari Satuan Kerja (satker) Kementerian/Lembaga (K/L) di wilayah kerja Kanwil DJKN DKI Jakarta yang mendapatkan target sertifikasi tanah BMN Tahun 2014 menghadiri acara di Hotel Millenium Jalan Haji Fachrudin Nomor 3 Jakarta Pusat.

Dalam arahannya, Try menyampaikan alasan  kenapa harus dilakukan sertipikasi BMN, yaitu untuk memenuhi  Pasal 33 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2006 bahwa Barang Milik Negara/Daerah berupa tanah harus disertifikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia atau Pemerintah Daerah yang bersangkutan.

Try juga menyampaikan target program sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2014 adalah sebanyak 100 bidang tanah yang di tangani oleh KPKNL Jakarta I s.d. V yang tersebar di 41 satker K/L. Dari 100 bidang tanah, terdapat 50 tanah yang sudah dilakukan verifikasi dan baru 15 bidang tanah yang didaftarkan ke BPN untuk disertifikatkan.

Melihat kondisi ini, Kakanwil DJKN DKI Jakarta berharap kepada satker K/L untuk menyiapkan dokumen tanah yang menjadi target penyelesaian, berikut surat permohonan pensertipikatan untuk disampaikan kepada  kantor-kantor pertanahan di wilayah DKI Jakarta sehingga target penyelesaian pensertipikatan tanah BMN tahun 2014 dapat diselesaikan.

Dalam kesempatan tersebut, menindaklanjuti pertemuan sebelumnya antara Kanwil DJKN DKI Jakarta dengan Kanwil BPN DKI Jakarta pada 14 April 2014 di aula Kanwil BPN terkait dengan penyerahan 5 (lima) sertipikat yang telah terbit, Kepala KPKNL selaku perwakilan DJKN menyerahkan sertipikat tersebut kepada perwakilan satuan kerja Kementerian/Lembaga.

Antara lain penyerahan sertifikat bidang tanah target tahun 2013 oleh Kepala KPKNL Jakarta I Khosim  kepada Satker Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III yang diwakili oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan penyerahan sertipikat BMN yang telah terbit target tahun 2013 oleh KPKNL Jakarta IV Agung Budi Setijadji kepada Satker Sekretariat Jenderal Kementerian Perindustrian, serta penyerahan sertipikat 2 (dua) bidang tanah target tahun 2014 oleh Kepala KPKNL Jakarta V Ferdinan Lengkong kepada Satker Madrasah Tsanawiyah Negeri Ciganjur dan Satker Madrasah Tsanawiyah Negeri 23 Pejaten Timur.

Diharapkan dengan penyerahan sertipikat ini, dapat menjadi stimulus bagi satker lainnya untuk mengajukan permohonan sertifikasi tanah di wilayahnya, sehingga 100 bidang tanah yang menjadi target tahun 2014 dapat diverifikasi dan dapat diterbitkan sertifikat tanahnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini