Pada hari Kamis, 16 Maret 2023, Kantor Wilyah DJKN DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank Mandiri Regional
IV mengadakan Kegiatan Sosialisasi Service Excellence bagi seluruh Pegawai
Kanwil DJKN DKI Jakarta & KPKNL Jakarta I yang dihadiri oleh pemateri dari
Bank Mandiri Regional IV yaitu Sulistyaningsih Nurmalasari (Lilies) sebagai Asisstant
Vice President Service Quality Management beserta jajaran.
Kegitan
yang diselenggarakan di Aula Pendopo Prapattan ini diawali dengan penyampaian
sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta, Mahmudsyah. Dalam
sambutannya, Mahmudsyah menyampaikan pentingnya Pembangunan Zona Integritas
Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK-WBBM) untuk
menciptakan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan birokrasi yang mempunyai
pelayanan publik yang berkualitas. Pada kesempatan selanjutnya, Mahmudsyah juga
menekankan kepada seluruh pegawai yang hadir, terkait pentingnya standar
layanan yang telah ditetapkan agar dapat dipedomani dan dilaksanakan oleh
setiap unit kerja. Menutup sambutannya, Mahmudsyah berharap agar para pimpinan
unit kerja di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta terus melakukan persiapan
penilaian secara matang, melakukan evaluasi program secara berkala seperti
melalui mekanisme permintaan feedback dari stakeholders atas
layanan yang telah diberikan, menjaga konsistensi kualitas pelayanan prima, dan
senantiasa meningkatkan kualitas dan keberlanjutan inovasi yang dimiliki.
Acara
dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pihak Bank Mandiri, Lilies
menerangkan bahwa Customer Experience seperti People (orang yang melayani),
Product (produk/jasa yang ditawarkan), Process & system
(cara/proses dan sistem melayani) dan Place (tempat), sangat berkaitan erat
dengan Service Excellence. Karena dari segi pengertian, service
merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan menciptakan pengalaman bagi Customer,
tutur Lilies. Pada kegiatan sosialisasi ini juga diberikan contoh
praktek tentang standar layanan dengan berinteraksi dengan pegawai dan
mengapresiasi pegawai yang dapat menjawab pertanyaan seputar Service
Excellence berupa hadiah Product e-money By Livin Bank Mandiri.
Dengan
kegiatan Sosialisasi Service Excellence ini, diharapkan dapat
meningkatkan sinergi antara Bank Mandiri dengan Kanwil DJKN DKI Jakarta, meningkatkan kapasitas pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta dalam memberikan
pelayanan prima bagi pengguna layanan dan masyarakat pada umumnya, sebagai langkah nyata dalam mewujudkan Zona Inegritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada Kanwil DJKN DKI Jakarta.