Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Artikel
8 Pelajaran untuk Mengubah Hidup
Henny Purwanti
Jum'at, 11 Agustus 2023   |   24575 kali

        Banyak cara agar kita bisa berubah ke arah kehidupan yang lebih baik. Setidaknya minimal terdapat 8 pelajaran berharga untuk mengubah hidup ke arah yang lebih baik, yaitu:

1.   Berolahraga untuk memperbaiki mood

Olahraga bermanfaat untuk memperbaiki dan meningkatkan suasana hati (mood) yang sedang tidak nyaman. Sejumlah penelitian mengungkapkan olahraga dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan senang yang menghasilkan suasana hati lebih positif. Menurut National Institutes of Health (NIH) olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, serta mengurangi risiko stres dan depresi. Selama berolahraga, tubuh kita akan melepaskan bahan kimia atau hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. 

Menurut Michael Otto, seorang profesor psikologi di Universitas Boston dalam laman American Psychological Association (APA), hubungan antara olahraga dan suasana hati cukup kuat. "Biasanya dalam lima menit setelah olahraga ringan Anda mendapatkan efek peningkatan suasana hati." ujarnya.  Manfaat olahraga tak hanya terlihat dalam jangka pendek saja, penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu meredakan depresi jangka panjang.

Itulah alasannya mengapa olahraga dapat dijadikan salah satu pilihan mood booster dikala hati sedang gundah.

 

2.   Meditasi untuk dapat berpikir lebih jernih

Meditasi merupakan praktik meditasi yang menghubungkan pikiran dan tubuh, untuk mendalami kekuatan pikiran diperlukan konsentrasi tinggi, kesadaran penuh (mindfulness), serta teknik yang tepat.  Melalui meditasi, tak hanya menciptakan kondisi fisik yang baik namun bisa membuang stres, meningkatkan ketenangan dan kejernihan pikiran, serta rasa bahagia.

 

3.   Membaca buku untuk memahami dunia lebih baik

 Dalam jurnal tentang Improving Reading Skill (2012), kegiatan membaca dapat membuat para pelakunya bisa menggunakan pengalaman membacanya untuk memprediksi dan memformulasikan ide baru. Kemudian, orang yang membaca juga dapat menghubungkan antara pengetahuan yang satu dengan yang lainnya. Intinya, mereka pun punya bayangan bagaimana kepercayaan dan pengalaman mereka bisa menggambarkan apa yang terjadi di dunia ini.

 

4.   Journaling untuk memahami diri lebih baik

Perjalanan setiap orang untuk mengenal diri sendiri itu berbeda-beda, baik dari segi waktu maupun cara yang digunakan. Dan tidak jarang, harus berganti-ganti cara sampai menemukan cara yang tepat. Salah satu cara yang digunakan oleh banyak orang adalah menulis tentang seluruh perasaan dan pikiran atau dikenal dengan istilah journaling.

Tidak hanya sebagai media untuk mengenal diri sendiri, terdapat beragam manfaat journaling yang akan didapatkan kalau rutin melakukannya. Mengurangi kecemasan, meningkatkan self-awareness, serta mengelola hidup lebih terstruktur, adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari journaling.

 

Dalam menulis jurnal, pada dasarnya memang tidak memiliki struktur tertentu secara pasti, tapi manfaat journaling ini bisa membuat hidup jadi lebih rapi dan teratur. Dari mulai hal yang dirasakan dan pikirkan hingga jadwal-jadwal penting kegiatan ada di dalam jurnal. Jadi, tidak akan mudah lupa dan kesulitan mengatur hal-hal lainnya.

 

5.   Buat belajar menjadi hal yang menyenangkan

Cara belajar efektif dan menyenangkan, belajar di tempat yang nyaman. Saat belajar, ciptakan suasana yang mendukung agar konsentrasi tetap terjaga. Jika tidak bisa belajar dengan suara bising, hindari belajar sambil mendengarkan musik atau menyalakan televisi. Selain itu, hindari pula berbagai ruangan atau lokasi yang terlalu banyak orang. Sebab, tidak semua orang akan mengerti bahwa Anda sedang belajar dan membutuhkan konsentrasi.

6.   Tetap konsisten

 Konsisten dapat membuahkan integritas, yang bisa membuat dengan mudah meraih apa pun yang diinginkan, mulai dari kesuksesan hingga kebahagiaan. Konsisten adalah sikap dan perbuatan yang selalu berpegang teguh pada kemampuan dirinya sendiri. Konsisten itu tetap, selaras, dan sesuai.

 Memiliki karakter konsisten dapat membuahkan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat konsisten diantaranya adalah menumbuhkan motivasi dan produktivitas, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan reputasi, serta membuat diri menjadi pribadi yang lebih baik.



7.   Cintai diri sendiri

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa mencintai diri sendiri atau self-love merupakan perbuatan yang egois dan menunjukkan sikap tidak acuh kepada orang lain. Padahal, mencintai diri sendiri dan egois merupakan 2 hal yang berbeda.

Mencintai diri sendiri bukan berarti kamu ingin menang sendiri, melainkan menghargai dan menyayangi dirimu, sehingga kamu bisa merasa cukup dengan dirimu sendiri, terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki. Selain itu, sikap ini akan membuat kamu lebih mudah untuk menggapai impian dan memiliki hubungan sehat dengan orang lain. Sikap mencintai diri sendiri juga penting dimiilki untuk mendapatkan self-esteem yang baik.

8.   Tolong diri sendiri lebih dulu sebelum menolong orang lain

Tugas manusia sebelum menolong orang lain adalah menolong dirinya sendiri.  Yang dimaksud menolong diri sendiri di sini adalah bagaimana kita memiliki kemampuan, sikap dan ilmu pengetahuan yang dengan semua itu kita dapat menyadari siapa diri kita sebenarnya. 

Seseorang yang tidak sadar akan jati dirinya sendiri tidak akan bisa memberikan penyadaran sekaligus tidak akan mampu menyadari arti pentingnya kehadiran orang lain.

 

Itulah 8 pelajaran untuk mengubah hidup ke arah yang lebih baik.  Bagaimana…. siap untuk berubah?

 

 

Referensi:

·         National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2022. Benefits of Exercise American Psychological Association. Diakses pada 2022. The exercise effect Harvard Medical School. Diakses pada 2022. More evidence that exercise can boost mood

·         Koran Jakarta - Manfaat Meditasi, Meditasi Menghubungkan Pikiran dan Tubuh

·         Syora Alya Eka Putri, Skill Abad Ke 21: Membaca, Sebuah Seni Memahami Dunia

·         Audra Levana Adelia, Manfaat Journaling: Belajar Mengenal Diri Sendiri Lewat Tulisan

·         Merdeka.com, 7 Cara Belajar yang efektif dan Menyenangkan, Dijamin Cepat Paham


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini