Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Berita
Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 H Keluarga Besar Kanwil DJKN Jawa Barat
Okto Vierten  Masrel
Senin, 24 Juni 2019   |   292 kali

Bandung - Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat mengadakan acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 H bertempat di Gedung Keuangan Negara Bandung, dengan dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat dan KPKNL Bandung pada Rabu (12/06/2019).


Istilah 'halal bi halal' merupakan istilah khas budaya Indonesia dalam mengemas kegiatan keagamaan. Sebenarnya, tradisi dan substansinya telah ada sebelum kemerdekaan, yaitu tradisi sungkeman dan silaturrahim yang kemudian oleh KGPAA Mangkunegara I, atau yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawa, dijadikan acara bersama di Kraton.

 

Kata majemuk ini tampaknya memang made in  Indonesia, produk asli negeri ini. Kata halal bi halal justru diserap Bahasa Indonesia dan diartikan sebagai “hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dsb) oleh sejumlah orang dan merupakan suatu kebiasaan khas Indonesia”.

 

Meski “tidak jelas” asal-usulnya, halal bi halal adalah tradisi sangat baik, karena ia mengamalkan ajaran Islam tentang keharusan saling memaafkan kehilafan antar-sesama manusia. Apalagi setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan, sebulan penuh berperang melawan hawa nafsu, setelah berhasil melewatinya, maka bukan  hanya kemenangan yg didapatkan, tapi juga kebahagiaan karena kita sudah terlahir kembali menjadi fitri.

 

Memasuki hari pertama bekerja setelah libur panjang, sudah sepatutnya jajaran Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat menciptakan kinerja yang  lebih baik lagi. Dengan energi yg baru di-recharge, niscaya kinerja yang tercipta akan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan organisasi.

 

Mari kita kembali ke fitrah manusia dalam menyatukan hati dengan silaturahmi. Bekerja keras, berfikir cerdas, dan melaksanakan tugas dengan hati yang ikhlas menuju “Jabar  kahiji”. (Naskah/Ffoto : Seksi Informasi, Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Barat)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini