Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Berita
Kanwil DJKN Jawa Barat Selenggarakan IHT Persiapan Menuju Kantor Berpredikat ZI WBK WBBM
Okto ViertenĀ  Masrel
Selasa, 05 Maret 2019   |   145 kali

Bekasi - Dengan mengusung semangat bebas korupsi dan bersih melayani, Kanwil DJKN Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) Persiapan Menuju Kantor Berpredikat ZI WBK WBBM (04/03/2019). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat KPKNL Bekasi, Jalan Sersan Aswan Nomor 8D Kota Bekasi. Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi Kanwil DJKN Jawa Barat, RB Sigit Budi Prabowo, dan seluruh Kepala Seksi Kepatuhan Internal pada KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat yang merupakan peserta IHT. 

Kegiatan tersebut mengundang nara sumber dari Bagian OKI Sekretariat DJKN, Ahyar dan Ryan, dengan tujuan agar seluruh KPKNL yang berada di wilayah kerja Kanwil DJKN Jawa Barat segera mendapat predikan WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Ahyar menyampaikan beberapa penyebab kegagalan memperoleh predikat WBK, antara lain : komponen pengungkit maupun komponen hasil. Komponen pengungkit dapat gagal ketika Penilai berkunjung ke kantor yang dinilai, ternyata Kepala KPKNL dan pegawai tidak bisa menunjukkan dokumen yang diminta atau  tidak yakin dengan pelayanan yang diberikan. Misal : petugas front office kelihatan sedang sibuk dengan pekerjaan rutinitasnya di kantor, sehingga tidak dapat melayani pengguna jasa secara penuh. Untuk komponen hasil, Ahyar menyampaikan sangat tergantung pada stakeholder, pengguna jasa, Satuan Kerja yang diminta mengisi.

Kegiatan IHT tersebut dimulai dengan sambutan dari Kepala KPKNL Bekasi, Partolo, yang mengucapkan terimaksih telah dipilih menjadi tuan rumah tempat penyelenggaraan kegiatan ini. Selanjutnya . Partolo menceritakan tentang selayang pandang keberhasilan KPKNL Bekasi dalam meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2018 lalu.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Nuning SR wulandari. Nuning menyampaikan apresiasinya kepada KPKNL Bekasi yang berhasil meraih predikat WBK dan mengajak KPKNL yang lain untuk meniru usaha KPKNL Bekasi agar juga dapat meraih predikat yang sama. Nuning juga menyampaikan harapannya kepada KPKNL Tasikmalaya yang kembali terpilih ikut dalam penilaian kantor tahun 2019 ini, untuk mempersiapkan lebih baik lagi pada tahun 2019 ini agar berhasil meraih predikat WBK. Kepada KPKNL Bekasi yang dipilih Kantor Pusat untuk meraih predikat WBBM, Nuning meminta agar KPKNL Bekasi dapat mengembangkan inovasinya dan dapat menjadi teladan bagi unit kerja dan Satker-satker lainnya, khususnya yang ada di Bekasi. (Naskah dan foto : Okto, Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini