Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Berita
KAKANWIL DJKN JAWA BARAT IKUT SERTA MENJADI RELAWAN KEMENTERIAN MENGAJAR 3 BANDUNG
Okto Vierten  Masrel
Senin, 05 November 2018   |   210 kali

Bandung- Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari, yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu relawan pada kegiatan Kemenkeu Mengajar Jilid 3 yang diselenggarakan serempak  di 62 kota di seluruh Indonesia (Senin, 22/10/2018). Kemenkeu Mengajar adalah kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah dasar yang didasari oleh semangat kesukarelaan, diluar dari pembiayaan APBN, sehingga biaya yang dikeluarkan murni dari para relawan yang turut serta, hal ini sesuai dengan tema “Berbagi pada anak bangsa, menginspirasi hingga penjuru negeri, menyambut Kemeriahaan hari Oeang RI tahun 2018”. Pada kegiatan tersebut, Nuning mendapat kesempatan untuk mengajar pada SD Negeri 025 Cikutra, Kota Bandung. Nuning turun langsung menggantikan peran guru selama satu hari di sekolah dasar tersebut untuk mengajarkan para siswa peran Kemenkeu dalam upaya menjaga ekonomi negeri.

Dalam sambutannya ketika menjadi pembina upacara, Nuning menyampaikan bahwa sudah menjadi tanggung jawab Kementerian Keuangan untuk mengenalkan dan memberikan suatu pemahaman mengenai keuangan negara dan pengelolaan aset yang dimiliki negara kepada anak-anak generasi muda yang merupakan tunas-tunas yang nanti akan tumbuh dan berkembang. “Jika kita sudah memahami, mengenal dan mengetahui apa itu keuangan negara dan apa itu pengelolaan aset negara, maka akhirnya nanti kita akan mencintai aset yang dimiliki oleh negara yang kita cintai ini”, tuturnya. Nuning juga berharap agar anak-anak yang diajarkan dalam kegiatan tersebut untuk bisa bertanya dan bisa mengenal lebih jauh agar dapat memberikan suatu harapan untuk memiliki satu keinginan untuk masa depan mereka kelak.

Kemenkeu Mengajar pertama kali diselenggarakan pada 2016 di enam kota besar dan enam pulau di Indonesia dengan jumlah keikutsertaan sekolah sebanyak 35 SD dan menyentuh 9774 siswa. Kemenkeu Mengajar2 diselenggarakan pada tahun 2017 di 50 kota di Indonesia dan 28 provinsi dengan jumlah keikutsertaan sekolah sebanyak 138 SD serta 36614 siswa. Tahun ini, Kemenkeu Mengajar 3  akan diselenggarakan di 174 SD dan menyentuh 58799 siswa. Jumlah relawan Kemenkeu Mengajar tahun ini adalah 3562 relawan yang terdiri atas pejabat dan pelaksana dari sebelas unit eselon I. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beserta jajaran pejabat eselon I direncanakan untuk turut mengajar bersama ratusan relawan di wilayah DKI Jakarta. Puluhan relawan akan mengajar di beberapa lokasi yang memiliki akses infratstruktur dan fasilitas pendidikan terbatas. Beberapa daerah tersebut adalah Pulau Banyak di Provinsi Aceh, Pulau Maitara di Provinsi Maluku, dan kaki Gunung Rinjani di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Para relawan Kemenkeu Mengajar yang bertugas di Lombok juga akan menyisipkan materi trauma healingdan antisipasi gempa kepada anak-anak SD yang dikunjungi. Pada Hari Mengajar, para relawan akan menggantikan peran Bapak dan ibu guru. Sebelum mengajar, para relawandibekali dengan pengetahuan mengenai pedagogical skillls for classroom management atau dapat disebut sebagai seni mengajar di kelas, bagaimana guru berinteraksi dengan siswa dan juga lingkungan sosialnya melalui hal-hal yang menyenangkan.

Kemenkeu Mengajar adalah salah satu contoh policy entrepreneurship di lingkungan birokrasi. Gerakan ini lahir dari inisiatif tiga orang pegawai sebagai sebuah bottom up initiative yang kemudian mendapatkan dukungan luas dari para pimpinan hingga di level tertinggi, yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pada awal tahun ini, gerakan Kemenkeu Mengajar mendapatkan apresiasi pada malam penganugerahan Public Relations Indonesia Awards 2018 di Tunjungan, Surabaya. Kemenkeu Mengajar dipilih oleh dewan juri kompetisi public relations tingkat nasional sebagai salah satu program terbaik pada kategori Community Based Development.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini