Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Jawa Barat > Berita
Kakanwil DJKN Jawa Barat : Perencanaan Anggaran Yang Baik Harus Selalu Sejalan Dengan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
Okto Vierten  Masrel
Selasa, 30 Oktober 2018   |   215 kali

Bandung - Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Nuning Sri Rejeki Wulandari, membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Bidang Keuangan yang dilaksanakan  di Grand Mercure Hotel Bandung, Jl. Dr. Setiabudi No. 269-275 Bandung (Senin, 29/10/2018). Acara FGD yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Kanwil DJKN Dalam Peningkatan Kualitas Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan APBN, dan Laporan Keuangan Dilingkup Masing-Masing” ini diikuti oleh seluruh Kepala Subbagian Keuangan di Kantor Wilayah DJKN, Bendahara Pengeluaran, dan Staff PPK/KPA/PPABP DJKN.

Dalam sambutannya, Nuning menyampaikan bahwa ada empat aspek perekonomian yang harus dikelola dalam menjaga stabilitas dan kelanjutan perekonomian menghadapi guncangan dunia saat ini, yaitu : aspek sektor riel, aspek fiskal, aspek moneter, dan aspek neraca pembayaran. “Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai salah satu unit kerja di bawah Kementerian Keuangan seyogyanya dapat memberikan kontribusi optimal dalam pengelolaan aspek fiscal sebagaimana telah diamanatkan oleh Menteri Keuangan”, ucap Nuning.

Nuning juga menyampaikan bahwa perencanaan anggaran yang baik harus selalu sejalan dengan system perencanaan pembangunan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan harus dilaksanakan dengan lebih tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab. Laporan Keuangan juga harus selalu ditingkatkan kualitasnya, terutama dengan terus menjaga tercapainya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih selama dua tahun terakhir.

Nuning juga berpesan agar kompetensi dan peran SDM yang bertugas dalam pengelolaan Keuangan Negara di DJKN harus senantiasa ditingkatkan pengetahuannya. “Kantor Pusat DJKN dalam hal ini diwakili oleh Bagian Keuangan Sekretariat DJKN diharapkan dapat melakukan pembinaan yang menyeluruh kepada seluruh instansi vertikal di bawahnya yaitu Kanwil DJKN, agar tugas-tugas di bidang pengelolaan keuangan negara dapat dilaksanakan sesuai dengan target yang ditetapkan, dan Kanwil DJKN yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Umum dan Kasubbag Keuangan harus mampu mengkonsolidasikan para Kasubbag Umum yang berada di wilayah kerjanya agar mampu melaksanakan tugas-tugas di bidang keuangan dengan baik”, tutur Nuning.

Nuning juga berharap agar acara tersebut mampu menyatukan dan menguatkan komitmen seluruh unit vertikal DJKN, agar senantiasa memberikan kontribusi yang optimal dalam pengelolaan keuangan negara yang lebih baik. “Dengan tingginya peran dan kualitas SDM DJKN dalam pengelolaan keuangan negara, DJKN diharapkan mampu menjadi penyumbang kontribusi terbesar dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan Negara di negeri ini” harap Nuning mengakhiri sambutannya. (Naskah dan foto : Nenden dan Okto, Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Barat)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini