Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Berita
Lakukan Sesuatu Hanya Untuk Kepentingan Bangsa dan Negara
N/a
Senin, 14 November 2016   |   1691 kali

Denpasar – “Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, DJKN mulai saat ini ditagih menjadi unit yang dapat menghasilkan penerimaan Negara yang bersumber diluar pajak”. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Sonny Loho, pada sambutannya ketika memberikan pengarahan disela-sela kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal kekayaan Negara Bali dan Nusa Tenggara (Kanwil DJKN Balinusra) (10/11).

Diawali penyampaian jargon/selogan “Bersama Kita Bisa, Karena DJKN Itu Kita” oleh seluruh pegawai yang hadir, Kepala Kanwil DJKN Balinusra, Etto Sunaryanto menyambut kedatangan Direktur Jenderal Kekayaan Negara beserta jajarannya. Dalam sambutannya Etto menyampaikan profil dan capaian kinerja pada Kanwil DJKN Balinusra. Harapan pun disampaikannya agar dengan kehadiran Direktur dapat memberikan motivasi tersendiri bagi jajaran Kanwil DJKN Balinusra dalam meningkatkan peran DJKN.

Selanjutnya, Sonny yang hadir didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ini menyampaikan bahwa kunjungan kerja kali ini merupakan kehadirannya yang ketiga untuk meninjau langsung kantor-kantor di daerah. Hadir pada acara tersebut seluruh pegawai pada Kanwil DJKN Balinusra dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) di Wilayah Balinusra.

Fokus penerimaan Negara yang tadinya hanya bersumber dari pajak dan cukai, seiring dengan perubahan fungsi DJKN dari Asset Administratur menjadi Asset Manager menjadikan DJKN sebagai unit yang diminta dapat menghasilkan PNBP dari pengelolaan aset. Sonny menyampaikan bahwa tantangan ke depan akan semakin banyak, namun yang perlu dilakukan adalah “lakukan sesuatu hanya untuk kepentingan bangsa dan negara,” pintanya.

Seakan mengamini apa yang disampaikan Menteri Keuangan pada saat pembukaan Rakernas DJKN beberapa hari yang lalu, Sonny meminta seluruh jajaran di DJKN untuk tetap menjaga integritas. “99% pegawai pada DJKN merupakan orang yang berintegritas, untuk itu tetaplah dijaga dan jangan sampai satu persen sisanya akan merusak integritas seluruh pegawai pada DJKN,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Sonny juga mengapresiasi jajaran Kanwil DJKN Balinusra yang telah berhasil menjuarai beberapa lomba yang digelar pada saat perayaan satu dasawarsa DJKN. “Saya mengapresiasi Kanwil DJKN Bali yang telah berprestasi pada bidang seni dengan harapan kompetensi dalam pekerjaan pun tetap ditingkatkan,” tuturnya yang disambut tepuk tangan seluruh pegawai yang hadir. Kanwil DJKN Balinusra sendiri berhasil meraih beberapa prestasi pada gelaran satu dasawarsa yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat DJKN diantaranya Juara I “5 Minutes Vlog Competition” dan juara II “Video Ucapan Satu Dasawarsa DJKN”. Turut mewarnai prestasi yang diraih Kanwilnya, kantor operasionalnya tak mau kalah semisal KPKNL Denpasar yang berhasil meraih juara III lomba “5 Minutes Vlog Competition” sedangkan KPKNL Singaraja hadir sebagai juara III “Video Ucapan Satu Dasawarsa DJKN” dan Juara I lomba Fotografi DJKN.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayan Negara, Dodi Iskandar berkesempatan menyampaikan amanat yang disampaikan Menteri Keuangan pada saat Rakernas DJKN. Sebagaimana Tema pada saat Rakernas yaitu “Tingkatkan Prestasi DJKN Melalui Optimalisasi Pengelolaan Aset Negara Untuk Perekonomian Nasional,” Menteri Keuangan menggarisbawahi bahwasanya upaya untuk mewujudkan keinginan dalam tema Rakernas tersebut adalah reputasi. Reputasi bermakna bagaimana agar DJKN dikenal dan mempunyai nama baik, Bagaimana DJKN  menciptakan prestasi yang unggul, dan Bagaimana DJKN melakukan pelayanan prima. “Untuk itu reputasi tersebut dapat dicapai apabila seluruh pegawai pada DJKN dapat berkontribusi maksimal dan berperan dalam mewujudkannya,” lanjut Dodi.

Acara dilanjutkan dengan diskusi. Pada sesi ini, Sonny yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal pada Kemenkeu tersebut meminta seluruh pegawai yang hadir selain bertanya juga dapat menyampaikan usulan dan masukan. “Dalam menjaga kepemimpinan saya sering  meminta input karena ini merupakan hal penting untuk perbaikan kebijakan DJKN di masa yang akan datang.

Sebelum melanjutkan kunjungannya ke KPKNL Denpasar, seluruh pegawai yang hadir berkesempatan berfoto bersama dengan orang nomor satu di DJKN tersebut. (Penulis-Foto: yuan-Zul/Fiul)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini