Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Berita
Profil Risiko Harus Gambarkan Kondisi Sebenarnya
N/a
Senin, 03 Oktober 2016   |   1326 kali

Denpasar – Para Kepala Bidang, Kepala Bagian Umum dan Kepala Seksi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Bali dan Nusa Tenggara (Balinusra) melakukan rapat pembahasan penyusunan profil risiko Semester II Tahun 2016.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Bali Nusra tersebut dilaksanakan pada Rabu, 28 September 2016 di Lantai III Aula Kanwil DJKN Balinusra, Jalan Dr. Kusuma Atmaja, Renon, Denpasar.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Ni Made Kusumawardhani yang akrab dipanggil Aan mengawali rapat dengan menyampaikan konsep profil risiko Semester II pada Kanwil DJKN Balinusra yang telah disusun oleh Bidang Kepatuhan Internal Hukum dan Informasi (KIHI).

Sesaat sebelum profil risiko dikupas oleh peserta rapat, Kepala Kanwil, Etto Sunaryanto memberikan arahannya. Etto meminta kepada seluruh peserta yang hadir untuk mempelajari dan mencermati dengan seksama profil Risiko tersebut. “Sehingga pengisian (profil risiko-red) dari data yang disampaikan benar-benar menggambarkan kondisi sebenarnya,” harapnya.

Profil Risiko merupakan upaya penerapan peraturan yang diamanahkan oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 191 Tahun 2008 tentang Penerapan Manajemen Risiko di Lingkungan Departemen Keuangan. Kanwil dalam hal ini sebagai unit eselon II di lingkungan DJKN merupakan Unit Pemilik Risiko (UPR) yang wajib menerapkan manajemen risiko dalam setiap semesternya yang dimulai dengan penyusunan profil risiko.

Penyusunan profil risiko sendiri merupakan upaya awal untuk mengantisipasi risiko-risiko yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas dan fungsi yang dapat menghambat target kinerja. Sehingga tujuan umum Kementeriaan Keuangan dalam pencapaian target kinerja semua unit Eselon I sebagai pertanggungjawaban akuntabilitas pelaksanaan tusi secara efektif dan efisien dapat tercapai.

Melibatkan seluruh Bidang pada Kanwil, satu persatu profil risiko dibahas mulai dengan identifikasi, analisis dan evaluasi risiko. Digawangi langsung oleh Etto, seluruh peserta rapat turut andil dalam mengisi profil dimaksud.

Pembahasan penyusunan profil risiko selesai dan menghasilkan profil risiko Semester II Tahun 2016 pada Kanwil DJKN Balinusra yang selanjutnya akan dilaporkan kepada kantor pusat DJKN. Penulis/Foto:Sumarsono/zul/yuan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini