Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
UPACARA PERINGATAN HARI OEANG KE-86 dan HARI SUMPAH PEMUDA KPKNL Singaraja
N/a
Jum'at, 31 Oktober 2014 pukul 08:15:05   |   575 kali

RAIH CITA-CITA DENGAN SEMANGAT BARU !

Singaraja - Lagu Kebangsaan Indonesia Raya terdengar berkumandang dari halaman Gedung Keuangan Negara Singaraja, mengiringi kibaran Sang Saka Mearah Putih pada tanggal 30 Oktober 2014. Detik-detik tersebut adalah puncak acara peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-68 yang diperingati dengan upacara bendera oleh seluruh pegawai Kementerian Keuangan yang berkantor di Jalan Udayana Nomor 10 Singaraja.  Pada upacara bandera peringatan Hari Oeang kali ini disatukan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda. 

Segenap pegawai terlihat memberi penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih yang berkibar ke angkasa begitu megahnya. Lambaian Bendera Merah Putih seolah-olah mengajak seluruh insan Kementerian Keuangan untuk menjujung tinggi rasa persatuan dan kesatuan bangsa, seirama dengan tema Hari Oeang Republik Indonesia.ke-68 yang berbunyi “Dengan Semangat Baru Kita Selaraskan Gerak Kerja Kemenkeu untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan”.

Setelah dibacakan Pembukaan UUD Tahun 1945 dilanjutkan dengan pembacaan sejarah tercetusnya Hari Sumpah Pemuda yang merupakan momentum dan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 bulan Oktober Tahun 1928, Bangsa Indonesia telah lahir dengan penuh semangat perjuangan, dalam ucapan sumpahnya yang berbunyi : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia  dan  menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Untuk itu pada setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Perwujudan dari tema Hari Oeang tersebut terlihat pada penganugrahan tanda kehormatan berupa Satyalencana Karya Satya kepada segenap pegawai Kementerian Keuangan yang telah mengabdikan diri secara terus menerus selama 10 Tahun, 20 Tahun dan 30 Tahun, dengan semangat kerjasama yang kuat, jujur dan berdisiplin tinggi sesuai tugas dan fungsinya. Pada kesempatan tersebut terdapat dua orang pegawai KPKNL Singaraja menerima Satyalencana Karya Satya. Indera Widajanto, Kepala KPKNL Singaraja dipercaya untuk menerima Satyalencana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden Republik Indonesia yang disampaikan oleh Wayan Juwena, Kepala KPPN Singaraja dan bertindak sebagai Pembina Upacara.

Wujud kesejahteraan dan keadilan dibuktikan dengan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Oeang seperti kegiatan donor darah pada tanggal 22 dan 29 Oktober 2014. Kegiatan ini menunjukan kepada masyarakat bahwa insan-insan kementerian keuangan khusunya yang bertugas di Singaraja telah memberikan kontribusi bagi kemanusiaan yang bermanfaat untuk masyarakat luas sehingga diharapkan kesejahteraan dan keadilan dapat ditingkatkan.

Selain kegiatan tersebut untuk menyambut Hari Oeang ke-68 dan guna mewujudkan kerjasama dan kebersamaan antar unit eselon II di daerah dengan mitra kerja Kementerian Keuangan khusunya di Singaraja,  diadakan berbagai kegiatan olah raga seperti : Futsal, Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Bola Voli.  Adapun mintra kerja kita yang mengikuti kegiatan tersebut adalah  Bank Rakyat Indonesia, PT. PLN dan Kantor Pos.

Semangat kebersamaan terekam pula lewat gambar yang diabadikan oleh tim kreatif KPKNL Singaraja seperti pemotongan tumpeng sebagai peringatan Hari Oeang ke-68 yang diadakan di lobby Gedung Keuangan Negara Singaraja. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Wayan Juwena, Kepala KPPN Singaraja, pada saat ini juga menjabat sebagai Kepala Rumah Tangga Gedung Keuangan Negara Singaraja. Sebelum acara ramah tamah dimulai Wayan Juwena, mengajak seluruh pegawai untuk mendukung pemerintahan yang baru dengan menyampaikan beberapa baris kalimat 

“Ayo sebagai Insan Kementerian Keuangan kita wujudkan kesejahteraan rakyat dengan bekerja sama saling bahu membahu, sesuai tugas dan fungsi masing-masing”. “Yang terpenting adalah tingkatkan semangat kerja dengan senantiasa berpedoman pada Nilai-nilai Kementerian Keuangan sehingga harapan untuk menuju masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur niscaya akan terwujud” begitu kalimat akhir yang disampaikan pada penutup acara ramah tamah itu. (Teks : Sukanari, Foto : Tim Kreatif KPKNL Singaraja)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini