Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Peristiwa DJKN
Kedepankan Kejujuran dan Sportivitas untuk Sebuah Juara
N/a
Senin, 01 September 2014 pukul 14:08:32   |   638 kali

Semarang, Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-69, bertampat di halaman parkir Gedung Keuangan Negara (GKN) Semarang II diadakan kompetisi olahraga antarunit kerja Kementerian Keuangan, di antaranya Tim Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I  (Kanwil DJP Jateng I),  Tim Direktorat Jenderal Kekayaan Negara  (gabungan dari Kanwil DJKN Jateng dan D.I. Yogyakarta dengan KPKNL Semarang), Tim Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Barat, dan Tim KPP Semarang Tangah Dua. Dilaksanakan selama dua hari (14-15 Agustus 2014), kegiatan ini mempertandingkan tiga cabang olahraga, di antaranya bola voli, tenis meja, dan futsal.

Diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Kanwil DJKN Jateng dan D.I. Yogyakarta Thaufik yang dalam sambutannya mengajak kepada seluruh tim yang bertanding untuk tetap menjaga sportivitas dan kebersamaan. “Juara itu hasil akhir, tetapi proseslah yang lebih penting. Untuk itu, tetap kedepankan kejujuran dan sportivitas,” tegas Thaufik di akhir sambutannya.

Pertandingan babak penyisihan digelar secara bersamaan pada sore hari (14/8). Pemandangan yang tidak biasa dalam pertandingan futsal dimana masing-masing tim diwajibkan menggunakan sarung. Tim andalan DJKN harus gugur di babak penyisihan setelah kalah menyakitkan dari Tim KPP Semarang Barat di sisa detik-detik terakhir wasit meniup peluit dan tertinggal lebih dulu 0-1. Di awal babak kedua, Tim DJKN langsung membalas selang waktu dua menit, gol cepat yang dilesatkan ole Khoirul Umam membuka asa Tim DJKN sehingga kedudukan sementara 1-1. Menjelang peluit panjang dibunyikan Tim KPP Semarang Barat menutup gol keduanya melalui bola mati dari sisi kanan memanfaatkan kelengahan pemain belakang Tim DJKN, bola melambung dan tepat jatuh di sarang gawang Tim DJKN. Pertandingan berakhir dengan kekalahan Tim DJKN 1-2 atas Tim KPP Semarang Barat. Dalam lanjutan final cabang futsal berhadapan antara Tim KPP Semarang Barat dengan Tim KPP Semarang Tangah Dua yang sebelumnya telah mengalahkan Tim Kanwil DJP Jateng I dalam penyisihan. Pertandingan final dimenangkan oleh Tim KPP Semarang Barat dengan skor akhir 2-0.

Dalam cabang tenis meja, Tim DJKN berhadapan dengan Tim KPP Semarang Barat di babak penyisihan, menurunkan tunggal putra andalan Fery Listiyanto dan ganda putra Berlian Akbar dengan Khoirul Umam, serta ganda campuran Didik Daryanto dengan Sri Rahayu. Tim DJKN tidak memainkan ganda campurannya dikarenakan telah unggul 2-0 atas Tim KPP Semarang Barat. Pertandingan final cabang tenis meja mempertemukan Tim DJKN dengan tim tangguh dari KPP Semarang Tengah Dua yang sebelumnya telah mengalahkan Tim Kanwil DJP Jateng I dalam penyisihan. Tim DJKN harus berpuas menyandang juara dua setelah dikalahkan 0-2 dari Tim KPP Semarang Tengah Dua.

Dari cabang bola voli dengan kombinasi pemain 4 pria dan 2 wanita, Tim DJKN masih terlalu tangguh untuk dikalahkan. Meskipun bermain langsung tanpa jeda, namun tak membuat semangat para pemain menurun. Mengawali pertandingan yang melelahkan pada babak penyisihan bahkan sempat tertinggal terlebih dahulu  0-1 dari Tim Kanwil DJP Jateng I dengan skor tipis 20-25, set kedua Tim DJKN bangkit melesat dan menyudahi pertandingan dengan skor yang cukup meyakinkan 25-15. Pertandingan harus dilanjutkan melalui set ketiga. Sempat kejar-kejaran poin di awal set ketiga, akhirnya Tim DJKN melesat dan memenangkan set ketiga dengan skor 25-17. Berlanjut ke babak final, Tim DJKN berhadapan dengan Tim KPP Semarang Tengah Dua. Meskipun lawan yang dihadapi cukup tangguh mengingat tim lawan rutin berlatih setiap Jumat, namun tidak mengendurkan mental juara Tim DJKN, terbukti dengan langsung unggul 2-0 atas Tim KPP Semarang Tengah Dua dengan skor 25-21 dan 25-17, Tim DJKN memboyong juara satu pada cabang pertandingan bola voli.

Hasil akhir seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan:

Futsal            :  Juara 1 KPP Semarang Barat

                        Juara 2 KPP Semarang Tengah Dua

Tenis Meja    :  Juara 1 KPP Semarang Tengah Dua

                        Juara 2 DJKN

Bola Voli       :  Juara 1 DJKN

                        Juara 2 KPP Semarang Tengah Dua

Puncak acara penyerahan piala kepada para tim yang telah menjuarai setiap cabang olahraga yang dipertandingkan akan dilakukan setelah pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-69 pada Minggu, 17 Agustus 2014 di lapangan parkir GKN Semarang II.

(Teks: Asrori – Photo: Pramar | Editor: Achie – Humas DJKN)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini